Yowana di Tabanan memiliki cara unik dalam membantu dan memberikan kesempatan warga berbuat bagi mereka yang terdampak COVID-19, yakni menyediakan Meja Kebaikan dan Kejujuran yang berisi paket sembako murah. (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Pembagian sembako gratis bagi warga yang terdampak mewabahnya virus Corona atau COVID-19 terus mengalir dari pemerintah daerah maupun kalangan masyarakat. Di salah satu sudut kota Tabanan, bahkan ada warga yang memiliki cara tersendiri untuk menunjukkan kepeduliannya membantu warga yang benar-benar membutuhkan.

Yakni dengan menyediakan bingkisan sembako dan diletakkan di atas meja. Meja yang diberi nama Meja Kebaikan dan Kejujuran ini disediakan di pinggir jalan utama tepatnya di depan Puri Anom Tabanan.

Dari informasi yang dihimpun, bingkisan sembako tersebut merupakan inisiatif salah seorang tokoh masyarakat setempat dengan menggandeng sejumlah yowana asal Tabanan. Bingkisan sembako berukuran kecil ini pun harganya hanya sampai kisaran Rp 10 ribu, berisi beras, dua butir telur dan mie instan. Siapapun warga yang membutuhkan sembako akibat dampak wabah COVID-19 bisa mengambil bingkisan tersebut.

Baca juga:  Bupati Artha Bagikan Sembako untuk Pemilah Sampah dan Petugas Kebersihan

Salah seorang Yowana asal Tabanan, Arya Wiguna, mengatakan gerakan ini terinspirasi dari aksi kepedulian sosial yang sudah dilakukan oleh banyak orang. Dengan cara ini paling tidak dapat meringankan beban warga yang benar-benar mengalami masa sulit.

Begitupun mengapa meja berisi sembako tersebut disebut dengan Meja Kebaikan dan Kejujuran, lanjut kata Arya, dengan cara ini sekaligus mengajarkan warga untuk jujur mengambil apa yang secukupnya saja. Juga berkesempatan berbuat baik sesuai dengan kemampuan.

Karena selain sembako yang telah disediakan, bagi warga lainnya yang hendak ikut serta memberikan bantuan bisa melalui meja tersebut. “Satu bungkus ini mungkin tidak bernilai lebih dari 10 ribu rupiah, bahkan hanya senilai setengah bungkus rokok saja. Namun satu bungkus ini bisa berarti untuk membuat satu keluarga kecil bertahan melalui satu hari yang berat saat ini,” terangnya. (Puspawati/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.