Dermaga Ponton yang ditutup tengah dilakukan perbaikan berganti dengan dermaga MB. Satu dermaga ini dipastikan tidak dioperasikan saat arus Mudik dan Balik Lebaran nanti. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Satu dermaga yang berada di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali dipastikan tidak difungsikan saat arus mudik Lebaran ini. Dermaga ponton sejak beberapa bulan ini ditutup karena dilakukan perbaikan.

Rencananya dermaga tersebut akan naik tingkat menjadi dermaga movable bridge (MB). Ditargetkan baru bisa beroperasi setelah lebaran.

GM ASDP Cabang Ketapang, M. Yasin, Kamis (6/4) membenarkan masih adanya perbaikan satu dermaga di Pelabuhan Gilimanuk dan akan berlangsung selama arus mudik balik lebaran ini. Namun, menurutnya hal itu tidak akan mengganggu penyeberangan.

Baca juga:  Larangan Sepeda Listrik di Pantai Sanur Terlambat

ASDP telah menyiapkan sejumlah upaya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan saat arus mudik dan arus balik nanti. “Dermaga ponton ditutup ada perbaikan dan setelah lebaran baru bisa dioperasikan. Dermaga itu diganti dengan MB, yang tentunya dapat meningkatkan pelayanan ke pengguna jasa,” terangnya.

Dengan dihapuskannya dermaga ponton ini, seluruh dermaga di Pelabuhan Gilimanuk hanya ada MB dan LCM. Alternatif dengan berkurangnya dermaga itu dengan mengoptimalkan dermaga lainnya termasuk dermaga LCM yang sebelumnya terkendala pendangkalan.

Baca juga:  Tiga Tahun Berlalu, Korban Longsor Bantas Tak Kunjung Tuntas Direlokasi

Di bibir pantai dermaga LCM yang bisa menampung tiga hingga empat KMP itu telah dikeruk agar kapal leluasa bersandar. Di samping itu juga akan dilakukan penambahan kapal penumpang dengan kapasitas lebih besar dibandingkan kapal lainnya yang beroperasi. “Kita juga masih mohonkan itu, di samping juga nantinya mengoptimalkan dermaga lainnya, armada serta mempercepat waktu bongkar muat,” jelasnya.

Skema padat dan sangat padat disiapkan sehingga dapat mengurangi antrian khususnya sepeda motor dan mobil pribadi. (Surya Dharma/balipost)

Baca juga:  Dari Lima Besar Partai Elektabilitas Teratas hingga Lahan Warga Kena Jalur
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *