Saya sering melintas di jalur-jalur padat di kawasan Ubud untuk mengantar tamu. Di jalur ini, selain jumlah kendaraan yang melintas cukup banyak, pertemuan antara perempatan dan pertigaan di kawasan Pengosekan yang begitu dekat membuat jalan sering krodit. Jalan sudah sempit dan sering kali laju sepeda motor tak bisa dikendalikan. Mereka saling merebut ruang untuk mendahului.

Sepanjang pengamatan saya, di jalur ini juga ada pohon-pohon perindang di pinggir jalan. Jika memungkinkan pohon–pohon ini diremajakan saja karena selain menyita ruang juga berpotensi membuat orang kecelakaan.

Agar jalan di jalur Pengosekan menuju pertigaan Banjar Kalah, Peliatan lebih nyaman dilintasi, mohon pohon-pohon perindang yang bisa diremajakan atau ditebang didata. Ini agar ketika orang menyalip bisa lebih leluasa tak terkendala batang pohon.

Baca juga:  Dipetakan, 12 Titik Macet dan Kawasan Krodit di Gianyar

Pengalaman saya juga sebagai pramuwisata, mohon bus-bus besar jangan melintasi jalur alternatif untuk menuju objek wisata. Terkadang bus-bus besar juga melintasi jalur alternatif untuk memotong jalur, sehingga menimbulkan kemacetan.

Saya pribadi salut dengan kepolisian yang selama ini setia mengatur lalu lintas di kawasan krodit di kawasan Ubud. Ke depan, jika ada solusi yang lebih efektif, mudah-mudahan kondisi seperti saat ini bisa diatasi. Sebagai kawasan wisata, saya berharap Kabuapten Gianyar benar-benar menata objek wisatanya dan memberikan bantuan anggaran, sehingga wisatawan benar-benar nyaman ke Gianyar tidak terjebak macet.

I Komang Suterima

Denpasar, Bali

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.