Saya mengikuti pemberitaan terkait rencana Gubernur Bali Wayan Koster menata kawasan Besakih, Karangasem, Bali. Sebagai orang Bali yang kini tinggal di luar Bali, saya sempat membaca di Balipost.com bahwa kawasan ini akan ditata agar tata ruang dan kenyamanan umat saat sembahyang terjaga. Saya sangat senang membacanya.

Ternyata setelah bertahun-tahun berlalu dan nyaris tak ada penataan serius di Besakih, hal itu kini direncanakan. Walaupun baru sebatas rencana, gagasan ini jelas-jelas berpihak pada kepentingan yang lebih besar yakni menjaga kawasan suci.

Baca juga:  Proyek Penataan Pantai Jimbaran Diperpanjang

Mudah-mudahan pemimpin Bali diberikan keselamatan dan dituntun jalannya, sehingga rencana penataan kawasan Besakih bisa terwujud. Saya hanya bertanya kapan kira-kira penataan ini akan digulirkan?

Jika memungkinkan informasinya terus disampaikan agar umat yang kini ada di luar Bali juga bisa berpartisipasi. Saya yakin ada banyak umat Hindu yang ingin mapunia untuk penataan ini. Saya berharap, kawasan suci kita benar-benar terjaga, sehingga antara sekala dan niskala bisa sejalan dalam keharmonisan.

Baca juga:  Konsultasikan dengan Rakyat Bali

I Wayan Widnyana

Lampung, Sumatera

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *