Komisioner KPU Bali I Gede John Darmawan. (BP/Dokumen Antara)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebanyak 554 orang bakal calon anggota legislatif dari 18 partai politik masuk daftar calon tetap (DCT) Pemilu 2024 melalui rapat pleno KPU di Denpasar, Jumat (3/11).

“Kami kemarin sudah melakukan tahapan pencermatan terkait nama-nama calon anggota legislatif, kita tetapkan hari ini dan kita umumkan besok. Jadi, untuk di Bali berita acara sudah kami tanda tangani,” kata anggota KPU Provinsi Bali I Gede John Darmawan di Denpasar, dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (3/11).

Baca juga:  Jaga Kelestarian Ekosistem Laut, Pangdam Lepas Puluhan Tukik

Jumlah DCT sebanyak 554 orang terdiri atas 348 orang laki-laki dan 206 orang perempuan. Artinya, sebanyak 37,18 persen DCT merupakan keterwakilan perempuan.

Ia menyampaikan bahwa jumlah yang ditetapkan berbeda dengan saat penetapan daftar calon sementara (DCS) karena telah berproses melalui pencermatan DCT, dari perubahan daftar calon hingga verifikasi administrasi terhadap berkas mereka.

Awalnya ketika DCS penyelenggara meloloskan 560 orang, kemudian pencermatan menjadi 556 orang dan saat ini ditetapkan 554 orang karena dua bakal caleg dari Partai Hanura dan NasDem mengundurkan diri.

Baca juga:  Koster-Ace Usung Kampanye Simpatik, Berbudaya, Bermartabat dan Kedepankan Kepentingan Bali

Peserta Pemilu 2024 lain seperti DPR RI dan DPD Bali ditetapkan langsung oleh KPU RI, sementara DPRD kabupaten/kota ditetapkan KPU kabupaten/kota.

Setelah DCT untuk DPRD Bali ditetapkan hari ini, John mengatakan KPU segera merancang persiapan kampanye, mulai dari komunikasi dengan kepala daerah untuk menetapkan zona-zona pemasangan alat peraga kampanye hingga melanjutkan petunjuk teknis KPU RI

“Juga kegiatan logistik yang sudah mulai datang dan pengadaan-pengadaan. Setelah penetapan DCT, otomatis kami juga masuk proses pengadaan surat suara DPRD Bali dan kabupaten/kota, juga DPR RI yang ditangani KPU RI. Kami segera melakukan proses itu kalau tidak salah tanggal 5 November kami langsung klik aplikasi pencetakan surat suara,” kata John. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  Garap Pemasaran Pertanian, Perusda akan Bangun Sentra Berbasis Koperasi
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *