Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan (Diskopukmp) menggelar Diklat Uji Sertifikasi Kompetensi bagi pengelola manajer koperasi. (BP/Ist)

PEMERINTAH Kabupaten Badung, melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan (DiskopUKM) setempat menggelar Diklat Uji Sertifikasi Kompetensi bagi pengelola manajer koperasi di Hotel Made Bali, Badung, Senin (23/10).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan perkoperasian, serta kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia koperasi.

Diklat ini diselenggarakan sebagai upaya mengisi pengetahuan kepada pengurus dan pengelola koperasi di Kabupaten Badung, sejalan dengan perkembangan saat ini. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perdagangan Kabupaten Badung, I Made Widiana saat dihubungi, Selasa (24/10) menyampaikan bahwa harapannya agar seluruh koperasi dapat tetap berpegang pada prinsip-prinsip koperasi, menjadikan mereka lebih kuat, sehat, dan mandiri di masa depan.

Baca juga:  Curi Safety Box, Pecandu Narkoba Ditembak

Widiana menekankan, pentingnya perizinan dalam diklat ini, khususnya karena pengurus koperasi yang menghadiri diklat ini akan menjadi pihak yang memohon perizinan terkait operasional koperasi mereka. Menurutnya, memiliki sertifikat kompetensi sangat penting, karena tanpa itu, mereka tidak dapat mengakses perizinan melalui sistem Online Single Submission (OSS).

“Apalagi Permenkop No. 8 tahun 2023 mengamanatkan bahwa perizinan koperasi yang sebelumnya dikelola secara konvensional atau tanda tangan basah di kabupaten kota hingga tahun 2025 harus beralih ke sistem OSS,” ucap Widiana.

Baca juga:  Pengelola APBN Diminta Hentikan Kebiasaan Kebut Penyerapan Anggaran di Akhir Tahun

Diklat manajer koperasi dibagi menjadi dua angkatan, dengan Angkatan I berlangsung pada tanggal 23-27 Oktober 2023, dan Angkatan II akan dilaksanakan dari tanggal 6-10 November 2023. Dengan adanya Diklat ini, diharapkan koperasi di Kabupaten Badung dapat memenuhi persyaratan perizinan yang baru dan terus berkontribusi dalam pengembangan ekonomi daerah. (Adv/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *