Guna mengakomodir peningkatan permintaan mobil ramah lingkungan, SIS dan SIT menghadirkan New XL Seven Hybrid di Bali, Selasa (27/6). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kesadaran menggunakan mobil ramah lingkungan saat ini menunjukkan tren peningkatan. Kondisi ini pun bisa dilihat dari makin banyaknya produk roda empat yang mengusung mesin hybrid maupun elektrik.

Salah satu yang terbaru adalah Suzuki New XL7 Hybrid yang merupakan produk bermesin hibrida ketiga yang dikeluarkan Suzuki Indomobil Sales (SIS). Service Assist to Department Head PT. SIS, Hariadi, Selasa (27/6), mengatakan produk ini dihadirkan untuk menjawab peningkatan minat konsumen terhadap mobil yang ramah lingkungan.

Menurut Hariadi, permintaan mobil hybrid cukup tinggi. Sebab, teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang dikembangkan tersebut memiliki kelebihan dalam hal irit bbm dan rendah emisi. “Kami percaya ini akan membawa perubahan besar di lingkungan kita,” ujarnya didampingi Direktur Utama PT. Sejahtera Buana Trada Group, Setiawan Surya.

Baca juga:  Ini, 6 Fitur Eksklusif Ignis SE

Diharapkan produk ramah lingkungan ini dapat digunakan lebih banyak lagi. Untuk meningkatkan minat konsumen, pihaknya memberikan garansi baterai lithium yang makin lama, yakni hingga 8 tahun.

Tak hanya untuk New XL7 Hybrid, tapi dua produk hibrida lainnya yakni Grand Vitara dan Ertiga. “Ini berlaku untuk semua produk hybrid Suzuki,” terangnya.

Bagi pengguna mobil yang sering terjebak kemacetan, seperti terjadi di sejumlah daerah wisata di Bali belakangan ini, mobil hibrid bisa menjadi pilihan. Sebab, disebutnya, penggunaan kendaraan hibrid akan mengurangi polusi udara dan lebih ramah lingkungan. “Dengan kondisi jalan di Bali yang mulai mengalami kemacetan, penggunaan mobil hybrid akan lebih menghemat bahan bakar dan rendah emisi,” paparnya.

Baca juga:  Peringati HUT RI, Seribu Tukik Dilepas di Pantai Pengasahan

Disampaikan Sales Manajer PT. Sejahtera Indobali Trada, Hadis Furqon, pasar otomotif di Bali pada Mei ini dibandingkan 2022 dengan periode sama, secara persentase naik 115 persen. Ini artinya, ekonomi Bali sudah mulai membaik. “Cuma, dibandingkan dengan 2019, saat kondisi belum COVID-19, masih bagusan tahun itu,” ungkapnya.

Melihat animo masyarakat terhadap mobil hibrida maupun elektrik cukup tinggi, Hadis optimis produk baru milik Suzuki ini bisa terjual hingga 75 unit per bulan. Indent atau pemesanan terhadap produk ini telah mencapai 35 unit dengan realisasi ke konsumen sebanyak 23 unit. “Kalau melihat tingginya angka penjualan kendaraan roda empat di Bali, seiring membaiknya ekonomi, kami optimis bisa mencapai target,” katanya.

Baca juga:  Suzuki Ignis Diluncurkan di Bali

Mobil dengan tiga varian ini dipasarkan mulai Rp292 juta hingga Rp336 juta di kelas yang tertinggi. Sejumlah warna baru dihadirkan pada mobil jenis sport utility vehicle (SUV) 7-seater ini, yakni New Savanna Ivory-Black dan Snow White Pearl-Black.

Warna-warna baru bisa dipilih pada tipe tertinggi, yakni Alpha, melengkapi dua warna yang telah ada sebelumnya, yakni Sunrise Orange-Black dan Cool Black. Sedangkan untuk varian Beta dan Zeta hadir 4 warna, yaitu Metallic Magma Grey, Pearl Brave Khaki, Snow White Pearl, dan Cool Black. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN