Tangkapan layar Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi dalam webinar Puncak Kejar Prestasi Generasi Muda (Kreasimuda) yang dipantau di Jakarta, Selasa (23/8/2022). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Sebanyak 76 juta pelajar di Indonesia telah memiliki rekening di bank. Demikian dikatakan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi.

“Saat ini sekitar 76 persen dari pelajar sudah memiliki rekening atau sudah sekitar 76 juta pelajar memiliki rekening dengan nilai Rp27 triliun,” katanya dalam webinar Puncak Kejar Prestasi Generasi Muda (Kreasimuda) yang dipantau di Jakarta, dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (23/8).

Baca juga:  Diduga Dikeroyok Pelajar, Tentara Tewas

Adapun OJK menyelenggarakan Program Kreasimuda Indonesia untuk mendorong agar setiap pelajar berusia di bawah 18 tahun memiliki setidaknya satu rekening tabungan di bank.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir dalam perhelatan tersebut mengatakan kegiatan yang melibatkan pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi tersebut dilakukan untuk meningkatkan inklusi keuangan pelajar. “Kegiatan inklusi finansial ini penting melibatkan pelajar karena kalau melibatkan pelajar berarti orang tuanya ikut terlibat sebagai pemberi uang saku anak,” ucap Menko AIrlangga Hartarto.

Baca juga:  KPK Klarifikasi Soal Firli Bahuri Minta BAP Kasus Dugaan Suap Walikota Tanjungbalai

Kedepan ia mengatakan, akan meningkatkan inklusi keuangan pelajar dengan mendorong pelajar memiliki rekening tabungan yang dapat menambah daya tahan perekonomian.

Adapun berdasarkan survei nasional literasi dan inklusi keuangan, tingkat inklusi keuangan di Indonesia telah mencapai 76,19 persen pada 2019 dan akan terus ditingkatkan. “Kita lihat data OJK, tabungan masyarakat meningkat setiap tahun selama COVID-19 antara sekitar 10 persen. Ini kekuatan yang menambah likuiditas perbankan,” ucap Menko Airlangga Hartarto. (Kmb/Balipost)

Baca juga:  PBB Prediksi Dunia Miliki 8 Miliar Penduduk di November 2022
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *