Kasat Pol PP saat menurunkan anggota pantau pengunjung ke Rest Area Goa Lawah. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com -Banyak warga memanfaatkan liburan tahun baru 2022 dengan berwisata ke tempat-tempat umum di Kabupaten Klungkung. Mencegah adanya kerumunan, dalam upaya pencegahan COVID-19, petugas Sat Pol PP turun ke tempat-tempat umum untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan disiplin. Seperti di Rest Area Goa Lawah, sempat dilaporkan pengunjung membludak, petugas Sat Pol PP langsung turun ke lokasi, Minggu (2/1).

Kasat Pol PP dan Damkar Klungkung, Putu Suarta, mengatakan saat turun ke lokasi situasi masih nampak sepi. Nampak hanya beberapa warga yang sedang duduk-duduk memanfaatkan rest area ini. Petugas pun menyampaikan sosialisasi dan imbauan prokes, kemudian dengan membagikan masker kepada pengunjung setempat. Selanjutnya, tempat ini akan terus dimonitor petugas agar terlanjur menimbulkan kerumunan. “Selain di Rest Area Goa Lawah, juga pemantauan juga di Rest Area Tusan, di depan Pura Goa Lawah, monumen, lapangan dan lainnya,” katanya.

Baca juga:  Masih Nekat Beroperasi, Satpol PP Segel Penyulingan Minyak di Pengambengan

Ia menyampaikan sebelumnya, titik kumpul masyarakat, seperti Monumen dan Lapangan Ida Dewa Agung Jambe, sempat ditutup selama satu hari pada malam tahun baru. Karena setiap malam pergantian tahun, tempat ini biasanya selalu dipadati pengunjung. Penutupan dilakukan dengan memasang penghalang akses jalan menuku ke tempat ini. Sementara di tempat-tempat lainnya juga dipantau terus oleh petugas.

Karena sebelumnya, seperti di Rest Area Goa Lawah, dekat perbatasan antara Karangasem dan Klungkung, pengunjung sempat membludak pada 1 Januari 2022, hingga sedikit menimbulkan kemacetan dari arah Karangasem dan sebaliknya.

Baca juga:  Petugas Gabungan Lakukan Penyisiran di Perairan Celukan Bawang

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Kapolres Klungkung dan Dandim 1610/Klungkung juga memantau situasi malam jelang menyambut pergantian tahun baru 2022 di sejumlah Jumat (31/12). Pemantauan ini dimulai dari Monumen Ida Dewa Agung Jambe kemudian ke arah barat menuju SMA Negeri 1 Semarapura, setelah itu dilanjutkan ke arah barat menuju Bypass Prof. IB Mantra di Lepang. Kemudian dilanjutkan ke arah timur sampai ke Rest Area Goa Lawah.

Baca juga:  Sambut Tahun Baru, Sejumlah Jalur di Gianyar Ditutup

Selain itu, Bupati Suwirta juga memantau Kantor Desa Pasinggahan, Kantor Desa Dawan Klod hingga Kantor Desa Besan, Kecamatan Banjarangkan terakhir ke Lapangan Puputan Klungkung. “Setelah saya turun bersama tim Satgas Gotong-royong Covid-19, situasi Klungkung kondusif dan warga sudah tertib menyambut pergantian tahun dari rumah. Semoga situasi ini tetap terjaga, dan tidak memicu adanya kluster baru,” harap Bupati Suwirta. (Bagiarta/Balipost)

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *