Rektor Unbi, Prof Dr dr I Made Bakta Sp PD-KHOM membuka PKKMB 2021 Unbi secara online, Rabu (22/9). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Universitas Bali Internasional (Unbi) melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021, Rabu (22/9). Kegiatan tersebut dilakukan secara online, dengan tema membentuk generasi milenial yang berkarakter, berpikir kritis, dan kreatif di tengah pandemi Covid-19.

PKKMB ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, dan sistem pendidikan di perguruan tinggi. UNBI turut mengundang Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana untuk menjadi pembicara dalam PKKMB.

Ari Dwipayana menekankan pentingnya mahasiswa baru untuk aktif, berinovasi, dan tanggap pada teknologi di era revolusi industri 4.0. Mahasiswa diminta untuk berkembang dan membangun jiwa enterprenerial dan kepemimpinan.

Baca juga:  Satpol PP Cek Aktivitas Dugaan Pengurugan Lahan Mangrove

Rektor Unbi, Prof Dr dr I Made Bakta Sp PD-KHOM menerangkan PKKMB ini merupakan hal yang penting diikuti mahasiswa baru. Karena sistem pendidikan di SMA sangat berbeda dengan di perguruan tinggi.

Pendidikan saat SMA, lebih banyak diberikan petunjuk oleh guru, sedangkan dalam perguruan tinggi pendidikannya bersifat mandiri. “Itu yang harus kita persiapkan dalam PKKMB ini, hingga mereka bisa mengikuti dengan baik,” terang Prof Bakta usai membuka PKKMB Unbi 2021.

Selain itu, dalam revolusi industri 4.0, perkembangan ilmu pengetahuan sangat cepat. Merujuk pada penerapan kampus merdeka, pendidikan yang diberikan sangat tergantung pada karakter masing-masing mahasiswa.

Baca juga:  Cuaca Dingin Rentan Munculkan Sejumlah Penyakit Ini

“Masing-masing mahasiswa diberikan untuk memperdalam minatnya, tidak lagi secara general. Itu kita kenal sebagai individual learning. Pembelajaran secara individu sesuai dengan kemampuan mereka,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia, Dr Drs I Nyoman Gede Astina MPd CHA CHT berharap aga mahasiswa baru mengikuti PKKMB dengantertid, dan tuntas. Segala informasi yang berkaitan kehidupan kampus, baik dari sisi proses belajar mengajar, aturan-aturan yang ada di Unbi dapat diterima dengan baik.

Sehingga nantinya dapat melaksanakan proses belajar mengajar di kampus ini dengan lancar, nyaman dan baik. “Yayasan dalam hal ini tentu akan selalu memenuhi apa yang menjadi kebutuhan institusi. Dari sisi fasilitas dan SDM, kami dari yayasan akan berusaha dengan sekuat tenaga, sesuai dengan kemampuan berusaha memberikan yang terbaik pada para mahasiswa,” papar Astina.

Baca juga:  UNBI Laksanakan Wisuda II Dalam Dua Tahap

Ketua panitia, Ns I Gede Suasnawa SKep MM menambahkan PKKMB 2021 Unbi diikuti sekitar 303 mahasiswa baru dan dilakukan selama tiga hari. Mulai dari Pra PKKMB (21/9), kemudian PKKMB universitas (22/9), dan PKKMB fakultas (23/9).

Unbi memiliki dua fakultas, yakni Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dengan tujuh program studinya. Kemudian tiga program studi pada Fakultas Bisnis, Teknologi, Sosial dan Humaniora. Sedangkan mahasiswa Unbi untuk angkatan 3-6 lebih dari 1.000 orang. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *