Universitas Bali Internasional menggelar wisuda ke-3 dengan melepas 212 wisudawan. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Universitas Bali Internasional (UNBI) menggelar Wisuda ke-3 tahun 2021, Sabtu (30/10) di The Westin Resort Nusa Dua. Di usia yang masih sangat muda, tahun ini UNBI mewisuda sebanyak 212 orang dari 7 program studi.

Wisuda ini digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Rektor Universitas Bali Internasional, Prof. Dr.dr. I Made Bakta, Sp.PD-KHOM, menyampaikan kalau wisuda tahun ini, diikuti sebanyak 212 orang. Dengan jumlah yang lulus saat ini, total alumni dari sejak awal berdirinya UNBI, ada sebanyak 424 orang.

Baginya ini menjadi hal yang menggembirakan sekali karena setiap tahun, jumlah kelulusan terus meningkat. Sehingga UNBI bisa memberikan sesuatu kepada masyarakat, yaitu Sarjana yang Sujana.

Terkait keterserapan di dunia kerja, pihaknya menegaskan kalau dari total 212 lulusan ini sebagian besar sudah langsung bekerja. Sehingga dalam hal ini, tentunya daya serap di dunia kerja sangat tinggi.

Baca juga:  Pasang Miniatur Mobil Patroli untuk Tekan Lakalantas

Ke depannya dengan melihat prospek prodi yang sebetulnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, diharapkan keterserapan bisa mencapai di atas 60 persen. Pihaknya akan menerapkan tracer study, untuk mengikuti para alumni apakah mereka sudah bekerja atau belum sebagai parameter outcome.

Terkait sinkronisasi kurikulum, pihaknya terus melakukan penyesuaian dengan kebutuhan industri. Bahkan pihaknya juga sudah melakukan evaluasi mayor terhadap kurikulum yang diterapkan, dengan mengundang pihak terkait, baik itu dari regulator, dari Kementerian, Asosiasi Perguruan Tinggi terkait prodi yang bersangkutan, dari pengguna dan industri. “Melalui hal ini kami ingin mengajak pihak terkait, apa saja yang dibutuhkan dari program studi kita. Kita akan sesuaikan dengan kemajuan zaman dan kebutuhan masyarakat,” bebernya.

Baca juga:  Matangkan Rencana Kerja Setahun, UNBI Laksanakan Musrenbang Tahun Akademik 2021/2022

Ketua Yayasan Anugerah Husada Bali Indonesia, Dr. Drs. I Nyoman Gede Astina, M.Pd, CHT, CHA., menyampaikan, perkembangan kebutuhan di UNBI, pihaknya dari yayasan, selalu berupaya mendukung serta menyediakan fasilitas dan juga SDM terbaik. la mengatakan, apapun yang dibutuhkan oleh pihak UNBI, dirinya dari yayasan akan selalu memenuhi.

Sebab, hal yang diinginkan adalah mahasiswa dalam proses belajar mengajar akan merasa aman dan nyaman. Dari sisi SDM, pihaknya terus mendorong para dosen untuk meningkatkan kualifikasi kualitas, kompetensi mereka.

Bahkan saat ini, ada beberapa yang sedang mengikuti kuliah, baik didalam maupun diluar negeri. “Ini yang kami lakukan, karena kami ingin kualitas dari UNBI ini tidak kalah dengan universitas lain, walaupun UNBI baru berdiri,” tegasnya.

Baca juga:  Ristek-BRIN dan UNBI Dorong UMKM Bali Bangkit di Era New Normal

Dalam kesempatan tersebut, Kepala LLDIKTI Wilayah VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, M.Si yang turut hadir menyampaikan harapannya kepada mahasiswa Universitas Bali Internasional, agar terus memperkuat jati dirinya karena sudah memiliki bekal ilmu pengetahuan yang cukup dari kampus. Sehingga para wisudawan ini tentunya mampu menjadi tunas-tunas bangsa yang siap bergerak maju, serta mandiri dan unggul.

Ia berpesan agar mahasiswa yang telah di wisuda agar berani berhadapan dengan berbagai tantangan serta mampu tidak hanya mencari pekerjaan tapi mampu menciptakan pekerjaan. “Para mahasiswa sudah diberikan kompetensi yang luar biasa di kampus, sehingga tidak ada alasan untuk menganggur,” harapnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *