Pangdam Maruli meninjau pompa hidram yang dibangun di Desa Jungutan, Bebandem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak meninjau pembangunan pompa hidram untuk di Banjar Dinas Abiantihing, Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, pada Rabu (24/3). Pompa hidram itu dibangun untuk membantu pemenuhan air bersih bagi warga saat musim kemarau.

Pangdam Maruli, mengungkapkan, untuk saat ini baru membangun satu pompa hidram di Desa Jungutan. Pembangunan pompa hidram ini, lebih banyak dilakukan di NTT.

Baca juga:  Syukuran HUT Kodam, Ini Disampaikan Pangdam

“Hampir di seluruh wilayah di Indonesia ada wilayah yang mengalami kekeringan atau kesulitan air bersih dan banyak ada sumber mata air. Karena kebetulan di sini ada sumber air, ya akhirnya dibangun pompa hidran ini untuk mengangkat sumber mata air,” ucapnya.

Maruli Simanjuntak, menambahkan adanya pompa hidram ini, warga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari memasak, minum, mandi, mencuci dan kebutuhan yang lainnya. “Kami harap, air ini juga dapat dimanfaatkan untuk pertanian sawah,” katanya.

Baca juga:  Pipa Transmisi Bocor Dihantam Longsor, Aliran Air Bersih ke Tegallang Terganggu

Dandim 1623/Karangasem, Letkol Inf. Bima Santosa, menambahkan, pompa ini, tidak menggunakan listrik maupun bahan bakar minyak. “Untuk mengangkat air, memakai teknik tekan sehingga air secara otomatis naik. Kita harap, dengan pengangkatan air ini, warga mampu menghasilkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Karena ada sekitar 200 warga yang dapat memanfaatkan air bersih ini,” ujarnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *