Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP GPDRR di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar Timur. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Kodam IX/Udayana menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 tahun 2022 di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar Timur, Sabtu (21/5). Apel dipimpin Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto ini terutama dalam kaitan pelaksanaan pengamanan VVIP.

Pangdam Mayjen Sonny menyampaikan, GPDRR ke-7 di Provinsi Bali merupakan forum dua tahunan yang digagas oleh PBB untuk mengurangi risiko bencana. Pertemuan yang rencananya akan diikuti 193 negara dan sekitar 4.000 delegasi.

Baca juga:  Kasus Penculikan Palsu, Sukerti Dihukum Setahun Penjara

Kelancaran Konferensi GPDRR yang dilaksanakan mulai 23 hingga 28 Mei 2022 di BNDCC dan BICC Nusa Dua mutlak menjadi tugas dan tanggung jawab Indonesia sebagai tuan rumah. Jaminan keamanan dan kelancaran tersebut menjadi tugas pokok TNI, Polri dan aparat keamanan lain yang dilibatkan dalam mengamankan Konferensi GPDRR.

Oleh karena itu, pengamanan VVIP dan evakuasi bencana alam dapat berjalan dengan lancar dan aman. Perlu dilaksanakannya apel gelar pasukan untuk mengetahui dan meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan pasukan yang tergabung dalam Satgas secara keseluruhan.

Baca juga:  Oknum Satpol PP Dibekuk Tim Saber Pungli

“Pastikan kesiapan personel, materiil dan sarana pendukung lainnya. Selain itu penting pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai agenda kegiatan guna menangkal kerawanan yang mungkin terjadi,” tegasnya.

Pangdam juga menyampaikan, pengamanan GPDRR ini bersinergi dengan Polda Bali. “Ketika statusnya VVIP maka leading sektornya TNI dan Pangdam IX/Udayana selaku Pangkogasgabpad serta Kapolda Bali sebagai Wapang (Wakil Panglima). Jika beralih menjadi Operasi VIP, maka leading sektornya adalah Kapolda dan Kodam (TNI) membantu pelaksanaan tugas dari Polri,” ujar Mayjen Sonny. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  30 Tim Basket Nasional Perebutkan Piala Pangdam Udayana
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *