Suasana pemakaman warga Karangasem yang berstatus probable COVID-19. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Warga yang masuk kasus probable COVID-19 di Karangasem meninggal dunia. Ini sudah kesekian kalinya Karangasem melaporkan pasien probable yang meninggal.

Dari informasi yang dihimpun, pasien meninggal merupakan warga Desa Ngis, Kecamatan Manggis. Jenazah warga dimakamkan di Setra Desa Adat Pekarangan desa setampat pada Minggu (23/8) sesuai protokol kesehatan.

Untruk riwayatnya, pasien yang awalnya dirawat di RSUD Karangasem pada Rabu 5 Agustus 2020 mengalami gejala Hepatitis yang identik dengan gejala COVID-19. Selanjutnya pihak rumah sakit melakukan rapid test dan swab sebelum melakukan penanganan medis dan hasilnya Positif COVID-19.

Baca juga:  Bupati Gede Dana Tinjau Sejumlah Proyek, Ingatkan Rekanan Kedepankan Kualitas

Atas kasus itu, petugas kesehatan menyarankan kepada pasien dan pihak keluarga yang pernah kontak erat dengan pasien untuk melakukan isolasi secara mandiri. “Pasien belum sempat dilakukan Swab untuk kedua kalinya, namun pasien keburu meninggal dunia. Sehingga tidak sempat dilakukan penanganan lebih lanjut. Maka dari itu pasien berstatus probable, sehingga proses pemakaman tetap sesuai protokol kesehatan,” ucap sumber kepolisian yang ikut dalam proses pemakaman.

Baca juga:  Dua Hari Berturut, Bali Laporkan Pasien Sembuh Baru Lampaui Tambahan Kasus COVID-19

Kalak BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengungkapkan pihaknya menurunkan sejumlah anggota untuk membantu proses pemakaman. “Kegiatan pemakaman jenazah dilakukan oleh Team Gabungan dari BPBD Karangasem dan perwakilan dari pihak keluarga dengan menggunakan APD lengkap. Dilanjutkan prosesi upacara sesuai dengan adat setempat. Untuk jumlah perwakilan dari keluarga yang ikut proses pemakaman jumlahnya dibatasi kurang lebih sekitar 20 orang,” ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Satuan Tugas Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-9 di Kabupaten Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, belum bisa diminta konfirmasi terkait meninggalnya pasien probable terbaru ini. Berulangkali dihubungi, pihaknya belum memberikan jawaban. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Gadget Diperkenalkan Sejak Dini, Orangtua Diingatkan Gaya Hidup Sedentari
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *