Sejumlah BUMN yang beroperasi di Bali menyerahkan bantuan bagi masyarakat Bali terdampak COVID-19, Rabu (20/5) yang diterima secara simbolis oleh Gubernur Bali, Wayan Koster. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bantuan untuk penanganan dampak COVID-19 terus mengalir. Seperti yang disumbangkan Pelindo, BNI dan PLN melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bali.

Secara simbolis, bantuan diterima langsung oleh Ketua Gugus Tugas Provinsi yang juga Gubernur Bali, Wayan Koster di Jayasabha, Denpasar, Rabu (20/5). “BUMN di Bali membentuk Satgas menjadi satu dibawah koordinator Pelindo III. Kami bersama-sama membentuk posko, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota,” ujar CEO Pelindo III Regional Bali Nusa Tenggara, I Wayan Eka Saputra disela-sela penyerahan bantuan.

Pihaknya bersinergi dengan pemerintah provinsi Bali dan kabupaten/kota lewat BPBD serta Gugus Tugas masing-masing. BUMN ingin berperan membantu masyarakat khususnya yang terdampak COVID-19. “Dari bulan Maret, kami sudah selalu bersinergi dengan BPBD maupun Gugus Tugas COVID-19 yang ada di Bali untuk memberikan bantuan kepada masyarakat,” jelasnya.

Eka Saputra menambahkan, bantuan yang diberikan mulai dari alat medis hingga sembako. Khusus yang diserahkan Rabu (20/5), berupa paket sembako.

Masing-masing 700 paket dari Pelindo, 300 paket dari PLN, dan 1.500 paket dari BNI.

Sementara itu, Pimpinan BNI Kanwil Denpasar, Made Sukajaya mengatakan, penyerahan bantuan khusus oleh BNI merupakan bagian dari program BNI Berbagi. BNI ingin berpartisipasi mendukung anjuran pemerintah agar masyarakat diam di rumah dengan menjamin dari sisi sembako.

“Semoga pandemi COVID-19 ini khususnya di Bali segera berakhir, dan astungkara kalau kita melihat data, semakin hari semakin menurun tentu berkat kerja keras kita semua di bawah bimbingan gubernur,” katanya.

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, bantuan yang diserahkan oleh Satgas COVID-19 BUMN tersebut masih terkait penanganan dampak COVID-19. Dalam hal ini, Satgas BUMN berkontribusi menyalurkan CSR kepada masyarakat yang ada di Bali.

Yakni mencakup semua komponen masyarakat, termasuk masyarakat dari daerah lain yang tinggal di Pulau Dewata. Semuanya harus diberikan perhatian karena sama-sama terdampak COVID-19. “Tentu kita mengucapkan terimakasih kepada BUMN atas komitmen dan kontribusinya kepada warga kami di Bali dan kita berharap agar bantuan ini betul-betul bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Bersamaan dengan Satgas BUMN, Bank Mayapada juga menyalurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak COVID-19 melalui Pemprov Bali. Bantuan tersebut diharapkan bisa membantu masyarakat di masa sulit karena pandemi ini.

Terkait dengan penerima bantuan, salah satunya menyasar warga dari NTT yang tergabung dalam Flobamora Bali. Satgas COVID-19 Flobamora Bali, Yosep Yulius Diaz mengatakan, ada 11.230 anggota Flobamora yang 4.724 diantaranya terdampak COVID-19. Namun dari jumlah itu akan disaring lagi yang benar-benar membutuhkan bantuan.

“Kita coba upayakan bantuan sembako ini tidak diberikan individu per individu, tapi per komunitas. Misalnya 2-3 keluarga masak bersama,” ujarnya.

Selain Flobamora, bantuan juga diberikan untuk warga Kota Denpasar yang secara simbolis diterima Wakil Walikota dan Ketua DPRD Kota Denpasar bersama sejumlah perwakilan warga. (Rindra Devita/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.