Sikat gigi. (BP/dok)
DENPASAR, BALIPOST.com – Pemilihan sikat gigi yang benar akan berpengaruh terhadap pertumbuhan gigi. Jadi, tak ada salahnya memilih sikat gigi yang baik untuk tumbuh kembang gigi sejak usia dini.

Berikut hal yang harus diperhatikan ketika orangtua ingin memilih sikat gigi untuk sang buah hati, dikutip dari klikdokter.com :

1. Pilih sikat gigi dengan ujung bulu sikat yang lembut dan permukaan bulu yang rata, sehingga tidak akan melukai gusi anak yang masih sensitif.

Baca juga:  Ini Alasannya, Kapal Viking Sun Ditunda Bersandar di Bali

Untuk anak usia 4–24 bulan, gunakan sikat gigi dengan kepala sikat yang melebar dan berujung membulat. Jenis sikat gigi ini akan memperluas jangkauan penyikatan sekaligus memijat gusinya.

Sementara itu, untuk usia balita yang giginya sudah tumbuh semua, diperlukan permukaan sikat gigi yang lebih tinggi di ujungnya agar bisa menjangkau daerah sela-sela gigi.

2. Pilih gagang sikat gigi yang lebih besar dan lebar untuk anak balita. Sedangkan, untuk anak usia 5–8 tahun, pilih gagang sikat gigi yang lebih ramping, dengan susunan bulu sikat berbentuk seperti mangkuk dan bulu sikat di ujungnya lebih tinggi.

Baca juga:  Kebutuhan Dasar Anak Harus Dipahami

3. Pilih sikat gigi dengan gambar atau karakter kartun kesukaan anak. Orang tua juga bisa mengajak anak dalam memilih sikat gigi, agar anak merasa bahwa kegiatan menyikat gigi adalah sesuatu yang menyenangkan.

Memilih sikat gigi yang tepat untuk anak perlu disesuaikan dengan usianya. Jenis-jenis sikat gigi ini tentunya sudah diselaraskan dengan ukuran lengkung gigi rahang anak, fase pergantian gigi susu dan gigi tetap, dan sebagainya. (Goes Arya/balipost)

Baca juga:  Kakek Cabuli Anak Dibawah Umur
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *