Ilustrasi. (BP/Dokumen Swara Tunaiku)

 DENPASAR, BALIPOST.com – Investasi yang telah dilakukan sedari dini, merupakan salah satu bekal Anda dalam menjalani kehidupan di masa depan. Jika sekiranya tak ada investasi lalu tiba-tiba Anda sangat membutuhkan uang dalam waktu cepat, ke mana Anda harus mencari uangnya?

Investasi sangatlah bermanfaat dan beberapa alasan di bawah ini akan buat Anda menyesal karena tak melakukannya lebih cepat. Ini dia ulasannya dari Swara Tunaiku!

1. Modal Investasi Semakin Bertambah Seiring Berjalannya Waktu

Anda perlu tahu bahwa modal investasi akan bertambah, seiring dengan berjalannya waktu. Misalnya, biaya yang dibutuhkan untuk investasi emas di masa sekarang, jauh berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena harga emas yang terus mengalami kenaikan. Jika Anda tak mulai investasi dari sekarang, harga emas akan terus melonjak di masa mendatang.

2. Keuntungan yang Lebih Besar di Masa Mendatang 

Dengan melakukan investasi sedari dini, keuntungan yang akan Anda dapatkan pun akan menjadi berlipat ganda. Emas yang Anda beli saat ini, harganya akan meroket jauh pada 20 tahun mendatang. Kondisi yang sama pun berlaku pada bentuk investasi lain seperti investasi properti atau pun reksadana. Jika ingin keuangan di hari tua nanti terjamin, mulailah investasi dari sekarang.

3. Tertinggal di Belakang Teman yang Rajin Berinvestasi

Apakah Anda tak merasa iri, jika teman sudah bisa hidup dengan nyaman di usianya yang masih tergolong muda, karena investasi yang dilakukannya? Sedangkan Anda sendiri tetap dengan kehidupan Anda yang pas-pasan dan terasa stagnan. Daripada uang Anda yang berada di bank harus berkurang setiap bulannya karena biaya administrasi, lebih baik diinvestasikan saja, bukan?

4. Kenyamanan di Masa Tua yang Terjamin dengan Investasi

Investasi yang dimulai selagi muda, akan mendatangkan keuntungan yang besar saat Anda sudah tua nanti. Padahal modal yang Anda keluarkan, jauh di bawah keuntungan yang Anda dapatkan. Anda bisa menikmati masa tua dengan nyaman, tanpa harus merepotkan anak atau pun sanak keluarga yang lain. Jika Anda jatuh sakit, dana hasil investasi pun bisa langsung Anda manfaatkan.

Baca juga:  OJK Minta Masyarakat Waspadai Investasi Bodong

5. Menyelamatkan Anda dari Kebiasaan Boros Semasa Muda

Masa muda memang identik dengan kebiasaan berbelanja, yang kurang bisa dikontrol. Apalagi jika sekiranya pendapatan lumayan besar, membuat Anda merasa sama sekali tak masalah untuk membeli seabrek barang. Kalau barang tersebut memang betul Anda butuhkan, tentu saja tak masalah. Namun, yang banyak terjadi adalah barang yang dibeli kadang tak memiliki nilai guna.

Dengan membiasakan diri berinvestasi, Anda bisa menjadikan uang yang tadinya habis untuk keperluan tak jelas, sebagai sumber kekayaan di masa depan. Buatlah anggaran pengeluaran Anda setiap bulannya, agar pengeluaran Anda saat belanja bisa dikontrol dan tak kebablasan. Hal yang paling penting adalah, Anda menyisihkan uang setiap bulannya untuk bisa dipakai berinvestasi.

6. Uang Berlipat Ganda Tanpa Harus Bekerja

Dengan berinvestasi, uang Anda bisa berlipat-ganda jumlahnya tanpa Anda harus bekerja lebih ekstra. Misalnya, Anda yang memilih untuk berinvestasi di bidang properti, seperti tanah. Mengingat lahan kosong yang semakin terbatas, tentu saja harga tanah akan naik di setiap tahunnya. Kenaikan harganya ini tentu terjadi begitu saja, tanpa melibatkan campur tangan Anda di dalamnya.

Bagi Anda yang ingin merasa tenang dan nyaman saat menikmati hari tua nanti, jangan ragu untuk berinvestasi mulai dari sekarang. Investasi merupakan dana cadangan yang bisa Anda manfaatkan, jika sewaktu-waktu, kondisi keuangan Anda sedang tak stabil. Dengan berinvestasi sedari dini juga, Anda bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran yang Anda lakukan sehari-harinya. (kmb/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.