Prosesi peluncuran mesin Suzuki OBM DF325A di Dermaga Serangan, Denpasar, Kamis (22/3). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan mesin Outboard Motor (OBM) DF325A di Dermaga Serangan, Denpasar, Kamis (22/3). Acara peluncuran dirangkai dengan uji kemampuan mesin baru tersebut menyusuri perairan Bali.

Rutenya dari Dermaga Serangan menuju Kusamba, Nusa Lembongan dan kembali ke Serangan. Mesin OBM DF325A merupakan teknologi terbaik dan memiliki dual propeller (baling-baling) pertama di dunia.

Dengan teknologi dual propeller dalam satu mesin, DF325A diklaim mampu menghasilkan tenaga gerak yang efisien didalam air. Memiliki stabilitas yang luar biasa, dikarenakan setiap baling-baling memiliki arah putaran yang berbeda.

Selain itu dilengkapi pula Dual Air Intake. Ini bertujuan untuk mendapatkan udara yang lebih halus dan dingin, sehingga membantu mesin mendapatkan out put yang lebih besar dan sempurna.

Assistant to Department Head OBM PT SIS Leo Wijaya berharap dengan peluncuran mesin OBM DF325A, Suzuki dapat memenuhi kebutuhan transportasi air yang ekonomis di Indonesia. “Pada kesempatan ini kami melakukan peluncuran mesin OBM terbaru kami DF325A bersamaan dengan sea trial mesin. Kami menghadirkan teknologi satu-satunya di dunia mesin kapal dengan dual propeller yang sangat cocok dengan kebutuhan para pemilik kapal dan pengusaha, terutama dalam keperluan bisnis transportasi dan pariwisata. Dengan teknologi terkini dan konsumsi bahan bakar yang efisien secara bisnis, tentu hal ini akan sangat menguntungkan,” terang Leo.

Baca juga:  KBA Perkenalkan Mesin Tempel Yamaha F250H di Bali

DF325A menerapkan teknologi mesin 4-tak, yang membuat komsumsi bahan bakar lebih irit dan ramah lingkungan. Tidak hanya itu, DF325A memiliki Dual Louver System, Dual Injector, Dual Water Inlet, dan rasio kompresi 10,5 : 1 dengan bahan bakar RON 91. Menganut Lean Burn System untuk membuat komsumsi bahan bakar lebih irit.

Ia mengutarakan meski konsumsi bahan bakar tergolong irit, namun performa mesin tetap terjaga. Ini dikarenakan penggunaan Timing Chain dengan Self Adjusting Technology, 2-stage Gear Reduction serta Offset Driveshaft yang memberikan tambahan tenaga, menjaga keseimbangan dan mengurangi getaran. “Selain itu dilengkapi New Multi-Function Gauge yang berisikan informasi tentang tachometer, kecepatan dan bahan bakar. Ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan pada konsumen mengetahui informasi pada saat beroperasi,” paparnya.

Untuk mendukung sejumlah teknologi terbaru dalam mesin, disain DF325A tampilannya dibuat ramping dan compact, sehingga mengurangi ruang yang dibutuhkan untuk pemasangan mesin. (Eka Adhiyasa/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.