IGN Jaya Negara. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Dalam beberapa hari belakangan ini wacana tentang kualitas udara di sejumlah kota besar kembali menjadi perhatian. Terutamanya, kualitas udara di Jakarta yang dinyatakan sudah tidak sehat lagi.

Kondisi serupa mulai diantisipasi jajaran Pemkot Denpasar. Untuk antisipasi, Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara merancang kendaraan dinas yang dimiliki Pemkot Denpasar diganti dengan kendaraan listrik.

Jaya Negara yang ditemui di Lapangan Lumintang, Kamis (17/8)  mengatakan, kualitas udara di Denpasar masih terjaga karena keberadaan pohon besar di jalan protokol. Meskipun kepadatan kendaraan cukup tinggi, pohon ini mampu mengendalikan gas karbon dan polusi yang timbul.

Baca juga:  Kasus Kepruk Kaca Mobil Terjadi di Sesetan

“Kita bisa lihat di seputaran Jalan Puputan Renon ada banyak pohon besar, dan juga di beberapa jalan protokol. Itu yang menyerap polusi,” katanya.

Selain itu, pihaknya melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) juga sering menggelar uji emisi kendaraan. Dalam uji emisi tersebut, kendaraan yang melewati ambang batas yang ditentukan tidak diperkenankan beroperasi kembali.

Sehingga meskipun ada banyak kendaraan, namun emisinya masih tetap terkendali yang membuat kualitas udara terjaga. Selain itu, untuk menekan polusi udara, pihaknya juga akan tetap berbenah.

Baca juga:  Vaksinasi Covid-19 Syarat Wajib KA Jarak Jauh

Di APBD Perubahan ini, pihaknya akan membagikan motor listrik ke perbekel dan babinsa sebagai upaya mengurangi polusi. Selain itu, secara perlahan, kendaraan dinas yang selama ini masih menggunakan BBM akan diganti dengan kendaraan listrik. (Asmara Putera/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *