Ilustrasi. (BP/ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tidak terasa musim kemarau telah tiba. Cuaca panas terik disertai angin yang dingin menjadi sesuatu yang paling sering ditemui setiap harinya.

Jika tak pintar menjaga kondisi, tubuh akan rentan sakit. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan di tengah musim kemarau ini, seperti disarikan dari berbagai sumber :

1. Minum banyak air putih

Minum air putih dapat mencegah dehidrasi. Minumlah setidaknya 2-4 gelas air saat bangum di pagi hari dan jumlah yang sama untuk aktivitas serta saat olahraga. Selain air putih, minuman yang menghidrasi adalah air kelapa, air dengan irisan lemon serta ketimun, es teh organik tanpa kafein, herbal teh, dan teh rooibos.

Baca juga:  Temuan Dua Subvarian Omicron di Bali, Kadiskes Bali Jelaskan Kasusnya

2. Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan bernutrisi dengan gizi seimbang menjadi salah satu cara paling ampuh untuk menjaga tubuh sehat karena dapat meningkatkan daya tahan dari berbagai ancaman penyakit yang mengancam. Hindari konsumsi makanan berat seperti makanan berminyak, junk food, dll. Makanan yang berat seperti junk food dalam jumlah besar dapat menimbulkan banyak panas dalam tubuh.

3. Olahraga secara teratur di dalam ruangan

Olahraga merupakan suatu upaya untuk menjaga kebugaran namun di suhu panas, kita tidak bisa sembarangan melakukan aktivitas fisik karena bisa berdampak buruk bagi Kesehatan seperti sakit kepala, pingsan, bahkan mengalami heatstroke. Kita bisa berolahraga di lokasi indoor seperti ruangan rumah maupun tempat gym dengan sejumlah tipe aktivitas seperti yoga, latihan beban, skipping.

Baca juga:  Empat PDP COVID-19 di Karangasem Sudah Keluar Hasil Tesnya

4. Rawat kulit secara rutin dan gunakan tabir surya 

Wajah atau kulit harus dicuci dengan benar saat musim kemarau untuk melindungi dari sengatan panas dan partikel debu. Gunakan krim pelembab atau masker wajah alami untuk menenangkan kulit dan ingat oleskan tabir surya tahan air di seluruh bagian tubuh yang terbuka agar terlindung dari sengatan matahari.

5. Mencuci tangan dengan teratur

Baca juga:  Cara Menghilangkan Cegukan

Cucilah tangan kita secara teratur agar melindungi diri dari kuman yang dapat menyebabkan infeksi di musim panas.

6. Tidur yang cukup

Dengan tidur yang cukup tubuh kita akan melakukan regenerasi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak pada tubuh kita. Terkadang jika orang yang mengalami gangguan dalam tidur seperti kurangnya jam tidur, itu dapat membuat tubuh kita mudah lelah, tempramen menjadi lebih naik. (Sinta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *