Seorang relawan memberikan makan anjing liar di seputaran Denpasar. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Memelihara hewan membutuhkan tanggung jawab yang besar, terutama dalam hal memberikan makanan. Sebab, tidak semua makanan yang kita makan cocok untuk hewan, seperti anjing. Ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan anjing karena memiliki kandungan yang menyebabkan keracunan dan bahkan bisa berakibat fatal.

Berikut sembilan makanan beracun untuk anjing yang dikutip dari situs Battersea :

1. Bawang

Bawang apa pun, baik yang kering, mentah, atau dimasak, merupakan makanan beracun untuk anjing dan dapat menyebabkan iritasi gastrointenstinal dan kerusakan sel darah merah. Tanda-tanda keracunan tidak selalu langsung muncul, bisa juga muncul beberapa hari kemudian.

Baca juga:  Dua Hari, Belasan Korban Jiwa COVID-19 Dilaporkan Bali

2. Cokelat

Cokelat mengandung stimulan yang disebut theobromine yang banyak dimiliki oleh cokelat hitam. Stimulan ini beracun bagi anjing dan dapat menyebabkan gagal ginjal.

3. Kacang Macadamia

Kacang macadamia mengandung racun yang dapat memengaruhi otot dan sistem saraf pada anjing. Hal ini menyebabkan anjing menjadi lemah, tungkai bengkak, dan terengah-engah.

4. Jagung Rebus

Jagung rebus memiliki risiko fatal jika dimakan oleh anjing. Meskipun jagung dapat dicerna oleh anjing, tongkolnya dapat menyebabkan penyumbatan pada usus anjing.

5. Alpukat

Alpukat mengandung zat yang disebut persin yang ada di dalam daun, buah, dan bijinya. Zat ini dapat menyebabkan muntah dan diare pada anjing.

Baca juga:  Di Buleleng, Puluhan Anjing Positif Rabies Ditemukan

6. Pemanis Buatan (Xylitol)

Makanan-makanan manis seperti permen karet sering dicampur dengan pemanis buatan yang disebut Xylitol yang menyebabkan pelepasan insulin dalam tubuh. Namun, jika anjing mencerna makanan manis ini, mereka dapat mengalami hipoglikemia yang terkait dengan gagal hati dan gangguan pembekuan darah.

7. Alkohol

Alkohol memiliki dampak besar pada anjing, bahkan dalam dosis kecil. Minuman ini tidak hanya menyebabkan keracunan, tapi juga dapat menyebabkan berbagai penyakit, diare, dan bahkan kerusakan sistem saraf pusat.

8. Tulang yang Dimasak

Memberi anjing tulang mentah untuk dikunyah memang bagus, tapi hindari tulang yang dimasak dengan cara apa pun. Tulang yang dimasak dapat pecah dengan mudah dan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sembelit atau yang paling buruk menyebabkan perforasi usus yang berakibat fatal.

Baca juga:  RSU Bangli Tambah Ruang Perawatan Pasien COVID-19

9. Anggur dan Kismis

Kismis ada di banyak makanan yang sering dimakan manusia, seperti kue, biscuit, dan sereal. Bahan aktif yang menyebabkan anggur dan kismis beracun bagi anjing belum diketahui, tapi dua makanan ini dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah dan gagal ginjal.

Jangan berikan dan hindarkan anjingmu dari makanan di atas. Namun, jika sudah telanjur mengonsumsinya, coba periksakan ke dokter hewan terdekat. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *