Dirjen Otda Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik.(BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Minggu (26/12), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Provinsi Pertama Melaksanakan Perintah Presiden, Gubernur Bali Diapresiasi Kemendagri

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Rabu, 22 Desember 2021 Gubernur Bali, Wayan Koster melantik pejabat administrasi yang disetarakan dari pejabat administrasi menjadi pejabat fungsional sebanyak 544 orang dari 592 struktur jabatan administrasi yang disederhanakan. Pelantikan ini dilakukan setelah melalui proses tahapan persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dengan memperhatikan pertimbangan teknis dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Berdasarkan evaluasi Kemendagri, bahwa Pemda Provinsi Bali merupakan yang pertama dari seluruh Pemda Provinsi dan Kabupaten/kota seluruh Indonesia yang telah sampai dalam tahapan pelantikan pejabat administrasi menjadi pejabat fungsional yang struktur organisasinya disederhanakan. Atas capaian tersebut, Kemendagri memberi apresiasi yang tinggi kepada Gubernur Bali beserta jajaran seluruh Pemerintah Daerah Provinsi Bali atas komitmen dan kerja keras dalam melaksanakan perintah Presiden untuk menyederhanakan struktur organisasi menjadi 2 level dalam kerangka program reformasi birokrasi.

Baca juga:  Dana Hibah Pariwisata untuk Badung Hampir 80 Persen dari Total Diperoleh Bali

Selengkapnya baca di sini

2. Bali Hanya Catat Tambahan Kasus COVID-19, Nihil Pasien Sembuh Baru

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Minggu (26/12), jumlah kasus COVID-19 yang dilaporkan Bali masih bertambah. Jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan sehari sebelumnya yang mencapai 7 orang.

Pada hari ini, Bali tidak mencatatkan tambahan korban jiwa. Pasien sembuh baru juga nihil.

Selengkapnya baca di sini

3. Gubernur Koster Bersama Kapolda Bali Mohon Kerahayuan Jagat Bali di Pura Lampuhyang Luhur

AMLAPURA, BALIPOST.com – Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Kapolda Bali, Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra berdoa memohon kerahuyan jagat Bali serta anugerah dan restu agar persiapan hingga pagelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan berlangsung pada tahun 2022 di Pulau Bali berjalan dengan lancar. Doa tersebut disampaikan saat Gubernur Koster bersama Kapolda Bali melakukan persembahyangan di Pura Lampuhyang Madya, Pura Pucak Bibis, Pura Pasar Agung, dan Pura Lampuhyang Luhur, Karangasem, Sabtu (25/12).

Baca juga:  Disoroti, Banyak Jabatan Strategis Pemkab Badung Kosong

Persembahyangan dihadiri secara langsung oleh Bupati Karangasem, Gede Dana, Kepala BPSDM Provinsi Bali, I Gede Darmawa, Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta dan Penyarikan Agung MDA Provinsi Bali, Ketut Sumarta.

Selengkapnya baca di sini

4. Puluhan Travel Bodong Terjaring Tilang di Gilimanuk

NEGARA, BALIPOST.com – Puluhan angkutan Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP) bodong serta AKAP yang melanggar terjaring monitoring pengawasan di Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Cekik, Gilimanuk. Momen monitoring yang bersamaan dengan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mulai 23 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 selain di Cekik juga dilakukan di Terminal Mengwi, Badung.

Baca juga:  Jalur Penyebeh-Padpadan Tertimbun Longsor, Aktivitas Sempat Terganggu Berjam-jam

Koordinator Satuan Pelaksana UPPKB Cekik, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Bali, Arya, Minggu (26/12) mengungkapkan selama tiga hari awal monitoring sejak Kamis (23/12), sudah terjaring 40 unit kendaraan.

Selengkapnya baca di sini

5. Muncul Isu Varian Delmicron, Ini Penjelasan Virologi

DENPASAR, BALIPOST.com – Isu munculnya varian Delmicron kini berkembang di media massa. Bahkan strain virus ini dikatakan menyebabkan gejala yang parah dan bahkan risiko rawat inap lebih besar.

Dikonfirmasi, Virologi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Prof. Dr. drh. I Gusti Ngurah Kade Mahardika membantah. Ia  mengatakan informasi adanya kombinasi dari dua strain, yakni Delta dan Omicron, tidak benar adanya.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN