Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana meninjau Pelabuhan Gilimanuk. Sejumlah pos pengamanan dan pelayanan di pintu masuk Bali dicek kesiapannya. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Operasi Lilin Agung 2021 di Kabupaten Jembrana mulai digelar dengan apel pasukan Kamis (23/12) di GOR Kresna Jvara. Apel yang diikuti aparat gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, BPBD hingga pecalang ini menekankan pada pengendalian penanganan COVID-19, terutama mencegah Omicron masuk di masa Natal dan Tahun Baru.

Selaku pimpinan Apel, Bupati Jembrana I Nengah Tamba, menyebutkan bahwa Natal dan Tahun Baru, merupakan tradisi masyarakat Indonesia untuk merayakan hari raya dan berkumpul dengan keluarga. Hal itu akan meningkatkan kerawanan terhadap penularan COVID-19, karena mobilitas dan keramaian akan meningkat.

Baca juga:  Pelaku Meninggal, Kasus Korupsi APBDes Ditutup

“Pengalaman Nataru tahun lalu perlu kita jadikan pelajaran, mengingat saat ini ada varian COVID-19, Omicron, dimana penyebarannya lebih cepat dari varian sebelumnya,” ujarnya.

Bupati Tamba menyebutkan Polri juga telah melaksanakan KRYD sebagai upaya menekan mobilitas masyarakat. Strategi pengetatan harus dilaksanakan dengan baik, namun perekonomian harus tetap berjalan.

“Berdasarkan maping kerawanan perayaan Nataru ada beberapa hal yang harus tetap diwaspadai. Pelaksanaan Operasi ini harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab sehingga hal-hal yang menjadi target dapat terpenuhi demi kepentingan masyarakat luas,” pungkasnya.

Baca juga:  Mengarah ke Bunuh Diri, Polisi Batal Otopsi Guru SD di Gunaksa

Polri dengan dibantu penuh Instansi terkait menggelar Operasi Lilin untuk mengamankan perayaan Nataru sekaligus sebagai upaya mengantisipasi penularan Covid-19.

Hadir dalam Apel tersebut, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Hasrifuddin Haruna, serta jajaran Forkopimda lainnya.

Sebelumnya, Rabu (22/12) sore, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana juga meninjau Pelabuhan Gilimanuk. Sejumlah pos pengamanan dan pelayanan di pintu masuk Bali itu dicek kesiapannya.

Dalam kunjungannya usai di Pos Pelayanan Gilimanuk, Kapolres Jembrana juga mengecek pos pintu keluar Pelabuhan Gilimanuk dan memantau langsung Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang masuk Bali guna melakukan validasi syarat kesehatan pada pos KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Wilayah Kerja Pelabuhan Gilimanuk.
Kapolres memastikan kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Agung 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan pergantian tahun baru, khususnya kesiapan pada pos pelayanan.

Baca juga:  Ilmuwan Temukan Bukti Baru Penularan COVID-19 lewat Udara

Kapolres menghimbau kepada seluruh masyarakat, sebab saat ini perayaan Natal dan pergantian tahun baru masih dalam situasi pandemi COVID-19, diharapkan untuk semua mematuhi aturan prokes sesuai Inmendagri No. 66 Tahun 2021 guna mencegah terjadinya penularan Covid-19. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *