Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Dikbud dan Ristek meresmikan sejumlah fasilitas belajar "mutakhir" milik SMK Penerbangan Cakra Nusantara. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Senin, 21 Juni 2021, SMK Penerbangan Cakra Nusantara mendapatkan kesempatan yang sangat langka. Yakni dikunjungi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D.

Kedatangannya disambut dengan berbagai fasilitas “mutakhir” yang dimiliki SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Dalam kesempatan itu, Dirjen meresmikan sejumlah fasilitas, diantaranya Simulator Pesawat Boeing 737-800 NG-K, Simulator ATC dan Mobil Tv, dan Radio Streaming- Podcast Mobile.

Wikan mengatakan “SMK Penerbangan Cakra Nusantara keren, sangat luar biasa bisa membuat berbagai simulator bersama industri. Pada 2021 ini, SMK Pusat Keunggulan-Center of Excellence menjadi leader pengembangan vokasi di seluruh Indonesia, maka tidak usah ragu lagi menyekolahkan anak bapak ibu di sekolah vokasi, SMK Penerbangan Cakra Nusantara.”

Baca juga:  Lulusan SMK Penerbangan Cakra Nusantara Bersertifikasi Kompetensi

Saat ini dimensi dan karakteristik yang harus dimiliki dalam pendidikan milenial ada 5. Yaitu dimensi pembelajaran (tempat dan waktu bukanlah sebuah batasan), dimensi profesi (profesi lama sudah dianggap tidak relevan sehingga perlu dipersiapkan yang baru), dimensi literasi baru (data dan ICT, teknologi hingga manusia dan budaya), dimensi kecakapan (softskill milenium leadership dan entrepreneurship) dan dimensi karakter (integritas, nasionalisme, dan peka terhadap lingkungan). Sehingga dalam pendidikan milenial 4.0 ini diperlukan strategi baru terhadap kurikulum yang berlaku.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara sebagai SMK Pusat Keunggulan, SMK terakreditasi A, serta SMK Pusat Keunggulan dan Sekolah Penggerak 2021 menerapkan kurikulum merdeka vokasi pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Kurikulumnya disusun bersama dengan industri, baik intra-kurikuler, co-kurikuler dan ekstra-kurikuler.

Baca juga:  SMK Penerbangan Gelar Simulasi UNBK

Pembelajarannya juga berbasis project riil, guru berasal dari industri, magang kerja minimal 6 bulan (meraih Rekor MURI). Pelaksanaan pembelajaran teori di sekolah juga ditunjang oleh fasilitas yang lengkap yang menunjang gaya belajar taruna/i nya.

Fasilitas tersebut diantaranya, Simulator ATC, Simulator Boeing 737 – 800 Next Generation, mobil Tv dan Radio Digital Streaming-Podcast mobile, Mobil Simulator Pesawat Cesna 172, ruang belajar 3D iMax, Multibahasa, IT Teaching Room, dan ruang terbalik, pipa berbisik dan masih banyak lagi. Serta telah dibangun simulator helikopter dan simulator satelit dalam rangka persiapan SDM menyongsong peluncuran Satelit Satria 2023.

Baca juga:  Ayo Jadi Remaja yang Cerdas dan Sehat
Dirjen Pendidikan Vokasi meresmikan Fasilitas Belajar “Mutakhir” SMK Penerbangan Cakra Nusantara. (BP/Istimewa)

Bagi lulusan SMP tidak usah ragu lagi bersekolah di SMK Penerbangan Cakra Nusantara yang saat ini sebagai SMK Pusat Keunggulan dan Sekolah Penggerak 2021. Ingin tahu lebih banyak tentang SMK Penerbangan Cakra Nusantara? Cek instagramnya di @smkpenerbanganbali, Facebook di SMK Penerbangan Cakra Nusantara. Channel YouTube di SMK Penerbangan Cakra Nusantara – Pusat Keunggulan serta webnya di  www.smkpenerbangan.sch.id dan www.smkcakranusantara.com.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara saat ini membuka Penerimaan Perserta Didik Baru 2021/2022. Ayo bangkit dari keterpurukan bersama SMK Penerbangan Cakra Nusantara. SMK ini terletak di Jalan Tukad Pakerisan No 25 Denpasar dengan pendaftaran online Whatsapp 081 237 098 090 atau di  www.smkpenerbangan.sch.id. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *