PENERBANGAN – Para siswa SMK Penerbangan Cakra Nusantara. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – SMK Pusat Keunggulan atau SMK Center Of Excellent merupakan salah satu Program Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja. Atau menjadi wirausahawan melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja, menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah sah menjadi SMK Pusat Keunggulan. Ini sesuai SK Dirjen Vokasi No. 22/D/O/2021 yang mampu mengembangkan pendidikan kejuruan yang relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan dunia usaha atau industri. Juga menjadi pendukung kearifan dan keunggulan lokal pada sektor pembangunan ekonomi tertentu atau mendukung kebijakan pemerintah dengan kekhususan lainnya, serta mampu mendukung proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.

SMK ini dipimpin Kepala Sekolah, Indra Gita Saragih, S.Pd., yang merupakan sosok kompeten dan telah lulus program CEO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Sert. No. 1/3/06.03.04.1/1/2652/12/2020. Lulus dengan “Sangat Memuaskan” pada program Diklat Penguatan Kepala Sekolah No. Reg: 21023L0012260241223194. Ia merupakan Asessor BNSP dengan No MET: 000 016524 2019, Sertifikat Kompetensi BNSP No: 93000 2419 0103439 2019.

Baca juga:  Bertemu Livi Zheng, Wagub Cok Ace Harap Bali Dijadikan Laboratorium Perfilman Dunia

Indra menyatakan pada 2021 merupakan tahun keenam sekolah ini berdiri dan menjadi SMK Pusat Keunggulan. Tentunya, SMK Penerbangan Cakra Nusantara memiliki kualitas pendidikan teori maupun praktek serta fasilitas terlengkap yang berkualitas dan mumpuni sehingga dapat menjadi rujukan bagi sekolah lainnya. “SMK Penerbangan Cakra Nusantara merupakan sekolah vokasi yang telah terakreditasi A serta memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Republik Indonesia No. KEP.0078/BNSP/I/2020. Dimana mengghasilkan alumni dengan kompetensi keahlian yang bersertifikasi BNSP,” ujarnya.

Seluruh alumni yang telah lulus, tidak hanya diterima bekerja di berbagai maskapai dan maintenance pesawat, tapi juga melanjutkan di berbagai sekolah tinggi penerbangan baik negeri maupun swasta di Indonesia. Keterbukaan data alumni tersebut dapat diakses pada website www.bursakerjapenerbangan.com.

Baca juga:  BPR yang Bermasalah Bukan BAS Batubulan

Di tahun pelajaran 2018/2019, SMK Penerbangan Cakra Nusantara menduduki peringkat ke 4 terbaik SMK se-Bali dengan 97 persen nilai UNBK di atas rata-rata Provinsi Bali. Raihan ini meningkat dari tahun sebelumnya yakni peringkat ke 6 SMK se-Bali dengan 84 persen nilai UNBK di atas rata-rata Provinsi Bali.

Memiliki fasilitas belajar lengkap seperti simulator Boeing 737-800 NG-K, mobil simulator pesawat Cesna 172, mobil tv dan radio streaming, ruang belajar 3D iMax, multibahasa, IT teaching room, mini hanggar, electrical sircuit system trainer, AC landing gear retraction, virtual digital office, trainer Visual Realisation (VR), Vsat parabola dan paket optical fiber splicer fusion, serta masih banyak lagi.

“Seluruh taruna taruni SMK Penerbangan Cakra Nusantara diberikan karakter sikap unggul, tangguh, mandiri di manapun mereka berada, penguasaan bahasa asing serta pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum Merdeka dengan fleksibilitas tinggi, dalam proses program fastrack D1 dengan BBC, D2 dengan Diploma dan S1 terapan dengan sekolah tinggi/universitas,” jelasnya.

Baca juga:  SMK Penerbangan Gelar Simulasi UNBK

SMK Penerbangan Cakra Nusantara memprioritaskan upaya penyaluran lulusannya untuk berkiprah di dunia Internasional. SMK ini melaksanakan program Internasional di antaranya, beasiswa pendidikan di Cheynair Pilot School Philipina, Singapore Airshow dan pengkayaan kompetensi di Malaysia Airport Training Center.

Kini telah diagendakan pertukaran pelajar dan edutour Ke Taiwan, Vietnam, Singapura, Malaysia, Jerman, Prancis, Cina dengan sekolah di luar negeri. SMK Penerbangan Cakra Nusantara memiliki 4 program keahlian yakni Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (Bandara), Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Pwer Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics), Teknik Telekomunikasi (Penerbangan). SMK ini beralamat di Jalan Tukad Pakerisan No. 25 Denpasar dan telah membuka penerimaan siswa baru 2021/2022. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *