SMK Penerbangan Cakra Nusantara Bali jadi tempat studi banding sekolah lain. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Studi banding merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan ke depannya untuk menjadi lebih baik. Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya.

Pengertian dari studi banding itu sendiri adalah sebuah konsep belajar yang dilakukan di lokasi dan lingkungan berbeda yang merupakan kegiatan yang lazim dilakukan untuk maksud peningkatan mutu, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, dan lainnya sesuai kepentingannya. Saat ini beberapa sekolah sudah menghubungi SMK Penerbangan Cakra Nusantara untuk melakukan studi banding.

Beberapa pertimbangan ketika akan melakukan studi banding adalah diantaranya:

1. Mengakui keunggulan pihak yang dituju

Dengan melakukan studi banding ke teempat yang dituju, kita akan melihat beragam keunggulan dan juga banyaknya inovasi yang dilakukan oleh pihak tersebut sehingga hal itu bisa membuat kita belajar untuk mengakui keunggulannya. Manfaat lain dari hal ini adalah kita tidak akan mudah untuk berpuas diri dan juga memacu semangat untuk melakukan hal yang lebih baik.

Baca juga:  Perlu Kepastian, Pusat Diminta Umumkan Jadwal Pembukaan Pariwisata Bali

2. Sebagai motivasi

Kita juga akan terpacu untuk melakukan perubahan atau termotivasi untuk berkembang menjadi lebih baik. Melakukan studi banding akan membuat kita sadar akan banyaknya kekurangan yang sebetulnya bisa diperbaiki dan bisa ditingkatkan lagi menjadi lebih baik. Kegiatan studi banding ini secara tidak langsung akan membawa perubahan pada pola pikir.

3. Membangun relasi

Dengan melakukan kegiatan studi banding, kita juga akan memiliki kesempatan yang lebih luas untuk menjalin relasi dengan banyak pihak. Keuntungan dari membangun relasi sendiri juga bermacam-macam.

Baca juga:  Eka Widanta Resmi Jabat Kasipidum Kejari Denpasar

Dengan beragam alasan ini, SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak, secara fakta memang memiliki keunggulan yang dapat memotivasi sekolah lain untuk juga sama-sama memiliki keunggulan. SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak 2021 Terakreditasi A (Unggul) memiliki beberapa program keahlian dan konsentrasi.

Di antaranya, Teknik Energi Terbarukan Konsentrasi Baterai, Surya, Hydro, Angin dan Biomasa, Teknik Pesawat Udara Konsentrasi Airframe Powerplant dan Electrical Avionics, Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Konsentrasi Penerbangan, Luar Angkasa dan Satelit, Kereta Api, LRT, MRT dan Kereta Cepat serta Perkapalan, Management Perkantoran dan Layanan Bisnis Konsentrasi Kebandaraan dan Industri Penerbangan, Stasiun Kereta serta Pelabuhan.

Baca juga:  Dirjen Pendidikan Vokasi Resmikan Fasilitas Belajar "Mutakhir" SMK Penerbangan Cakra Nusantara

Sebagai Sekolah Pelopor pertama dan satu-satunya, SMK Penerbangan Pusat Keunggulan di Indonesia Tengah dan Indonesia Timur, siap mencetak SDM Terampil dan Kompeten tersertifikasi BNSP dan industri. Sebab, merupakan SMK Pusat Keunggulan, SMK Penggerak, SMK Teaching Factory, dan SMK Berkompetensi Lengkap.

Saat ini, SMK Penerbangan membuka Penerimaan Perserta Didik Baru 2022/2023. Sekolah ini menerapkan bebas SPP, uang pangkal, uang gedung, dan uang pangkal. Hanya membayar seragam Rp 1 juta.

Hubungi Hotline 081237098090 atau klik www.smkpenerbangan.sch.id. Ayo bangkit dari keterpurukan bersama SMK Penerbangan Cakra Nusantara SMK Pusat Keunggulan (Center Of Excellence) Sekolah Penggerak 2021. Bersama SMK Pusat Keunggulan Penerbangan Cakra Nusantara Sekolah Penggerak, bangga menginspirasi bangsa!! (Adv/balipost)

BAGIKAN