Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak M.Sc secara virtual meresmikan program Pompa Hidram, Selasa (18/5). (BP/Istimewa)

TABANAN, BALIPOST.com – Desa Pujungan, kecamatan Pupuan menjadi lokasi pilot project program Pompa Hidram yang digarap oleh jajaran Kodim 1619/ Tabanan. Program ini merupakan salah satu program Pangdam IX/Udayana dalam membantu masyarakat di wilayah Bali dan Nusa Tenggara terkait dengan pemenuhan ketersediaan air bersih.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak M.Sc secara Virtual meresmikan program tersebut, Selasa (18/5), termasuk juga program lainnya seperti rehab rumah Veteran, rumah dinas Prajurit, vaksinasi  Purnawirawan/Warakawuri, Ayam KUB, pembukaan lahan pertanian, dan KPR BTN untuk prajurit.

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto saat vicon kepada Pangdam IX/Udayana menyampaikan, dipilihnya desa Pujungan kecamatan Pupuan sebagai lokasi pilot project program Pompa Hidram ini berawal dari permohonan masyarakat Banjar Tamansari Desa Pujungan. Sedikitnya 103 KK yang kesulitan mendapatkan air bersih, lantaran sumber air yang lokasinya cukup jauh yaitu sekitar 500 meter menuruni lembah dengan ketinggian sekitar 100 meter.

Baca juga:  Ini Alasannya, Pangdam Laksanakan Proyek "Massive Water and Farming"

“Atas laporan dari Babinsa Desa Pujungan Serka Dewa Ratdana dan permohonan dari warga masyarakat melalui Perbekel Desa Pujungan dan dilaporkan kepada Dandim 1619/Tabanan melalui Danramil 1619-03/Pupuan Kapten Chb M.Ilham, pilot project pemasangan pompa hidram program Pangdam IX/Udayana tersebut akan segera kita mulai,” terang Dandim Sri Hartanto.

Dalam Vicon, Dandim juga melaporkan kepada Pangdam IX/Udayana bahwa skema pemasangan di tempat sumber air pembuatan bak retensi/transit, penyangga pipa, pompa hidram dan bak reservoir primer ( bak penampungan air sebanyak 5.000 liter) dilanjutkan dengan pembuatan bak distribusi sekunder  atau bak pendistribusian/pembagian air ke masyarakat Banjar Tamansari sebanyak 103 KK dengan total  371 jiwa. Bahan-bahannya sudah disiapkan. Seperti  20 sak semen, pipa paralon ukuran 3 dim 5 buah dengan panjang 4 meter serta besi termasuk juga pasir 1 engkel truck.

Baca juga:  Tolak Naiknya Harga BBM, Aliansi Bali Jengah Kembali Gelar Aksi

Pangdam IX/Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak M.Sc dalam arahannya mengatakan agar dalam program tersebut seluruh masyarakat bersama-sama bersinergi dengan semua pihak untuk mensukseskan pilot project tersebut dan semoga bermanfaat untuk masyarakat sehingga tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih.

Kepala Desa Pujungan I Made Wisnu Wijaya mewakili masyarakat menyampaikan terimakasi kepada Pangdam IX/Udayana dan Dandim 1618/Tabanan serta jajarannya yang sudah memperjuangkan pemasangan pompa hidram di Desa Pujungan. “Sangat membantu sekali bagi masyarakat kami kedepannya yang bisa merasakan air bersih, dimana sebelumnya warga kami hanya bisa mengambil air dari sungai, kami pun bangga dengan TNI semoga kedepannya TNI tetap jaya,” ucapnya. (Puspawati/balipost)

Baca juga:  Bersama Anak Panti Asuhan, Begini Cara Pangdam Rayakan Natal
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *