Mural soal edukasi mengelola sampah menghiasi dinding TOSS Center. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – TOSS Center Karangdadi, Kecamatan Dawan, Klungkung, terlihat makin inovatif. Setelah fokus pada proses pengelolaannya, TOSS ini juga dipercantik dengan hiasan mural di dinding masuk TOSS ini.

Mural ini menggambarkan edukasi masyarakat agar selalu senantiasa peduli pengelolaan dan memilah sampah, sebelum diproses lebih lanjut. Bupati Klungkung Nyoman Suwirta nampak antusias dengan keberadaan mural ini.

Ia sempat turun bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung I Ketut Suadnyana, melihat dari dekat hasil karya desainer mural I Ketut Sumadi ini. Dalam tinjauannya tersebut, Bupati Suwirta mengatakan keinginannya untuk mengoptimalkan sistem pengolahan sampah.

Baca juga:  Presiden Jokowi Khawatir Fenomena Medsos akan Gerus Nilai-nilai Agama dan Budaya

“Mural edukasi ini untuk memberikan pemahaman yang lebih agar kesadaran masyarakat memilah sampah dari rumah semakin meningkat,” ujarnya Bupati Suwirta, Jumat (14/5).

Beberapa konsep yang dilukis dalam mural ini, di antaranya cara memilah sampah yang baik sesuai dengan aturan. Nanti juga ada konsep pencegahan, penyebab terjadinya banjir yang diakibatkan oleh sampah.

Gambaran mural nampak lebih mudah dipahami. Sehingga, memudahkan untuk menanamkan kepedulian dan kesadaran di dalam mengelola sampah, bagi semua pihak yang datang ke lokasi TOSS Center untuk belajar mengelola sampah.

Baca juga:  Polisi Jaga Ketat Objek Wisata di Nusa Penida

Sementara itu, desainer mural I Ketut Sumadi mengaku dalam sehari melukis bisa satu hingga empat blok selesai. Apalagi saat ini sudah diberikan konsep.

Pihaknya juga akan mengerjakan lukisan mural ini sesuai dengan intruksi dari konsep inovasi yang diberikan Bupati Suwirta. “Target selesai secepatnya, apalagi sekarang sudah diberikan konsep oleh Bapak Bupati. Ini akan memudahkan pengerjaannya di lokasi,” ujarnya. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *