Gubernur Koster sidak vaksinasi di Karangasem. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Gubernur Bali, Wayan Koster terus memantau pelaksanaan vaksinasi di Pulau Bali. Setelah melaksanakan Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bangli pada, Sabtu (8/5), orang nomor satu di Pemprov Bali ini sidak vaksinasi ke Karangasem, Minggu (10/5).

Didampingi Bupati dan Wakil Bupati Karangasem, I Gede Dana dan I Wayan Artha Dipa, serta Kadis Kesehatan Kabupaten Karangasem, Gusti Bagus Putra Pertama, Gubernur Koster mengunjungi 2 lokasi vaksinasi. Yakni di Puskesmas Karangasem I dan Puskesmas Bebandem.

Dalam sidaknya, mantan Anggota DPR-RI 3 Periode dari Fraksi PDI Perjuangan ini mencatat pelaksanaan vaksinasi di 2 Puskesmas Karangasem ini sudah berjalan lancar dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Namun untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Karangasem, Wayan Koster meminta kepada Gede Dana untuk mengencarkan vaksinasi berbasis Banjar. “Karena vaksinasi berbasis Banjar ini dinilai telah berjalan tertib, tidak terjadi kerumunan, serta warga yang divaksin bisa diselesaikan dalam waktu yang cepat dan terukur targetnya,” jelasnya.

Baca juga:  Klungkung Tambah Kapasitas Kamar Isolasi Terpusat

Lebih lanjut Gubernur Bali jebolan ITB ini mengingatkan kepada Bupati Karangasem, agar kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan wajib menyasar kelompok masyarakat yang meliputi Lansia, Masyarakat Perkotaan, hingga Pelayan Publik (Petugas Keamanan, Pegawai Pemerintah, Petugas Transportasi, Pelaku Pariwisata, Pasar Swalayan, Pedagang Pasar, Tenaga Pendidik, Pegawai Bandara Ngurah Rai, Pegawai Pelabuhan, Pegawai Perbankan, Tokoh Agama, Wakil Rakyat, Pejabat Negara, Atlet, dan Wartawan).

Mendengar hal tersebut, Bupati Karangasem, I Gede Dana bersama Wabup Wayan Artha Dipa, dan Kadiskes Karangasem, Gusti Bagus Putra Pertama melaporkan pelaksanaan vaksinasi berbasis Banjar ini telah dilaksanakan lengkap dengan menugaskan 2 orang OPD Karangasem untuk bertanggung jawab di setiap Pos Vaksinasi.

Baca juga:  Capaian Vaksinasi COVID-19 Karangasem Tembus Puluhan Ribu

“Kemudian kami laporkan cakupan vaksinasi pertanggal 8 Mei 2021 untuk vaksinasi Dosis ke-2, dimana sudah mampu menyasar lansia sebanyak 8.1%, cakupan vaksinasi petugas publik mencapai 66.1%, dan cakupan vaksinasi SDMK sudah mencapai 119.8%,” jelasnya.

Sementara khusus untuk pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Karangasem I pada 9 Mei 2021, sebanyak 106 orang yang teregistrasi untuk menjalani vaksinasi, sejumlah  104 orang yang berhasil divaksin. Sedang 2 orang tidak bisa mengikuti vaksin akibat memiliki penyakit penyerta (Komorbid).

Baca juga:  Karena Ini, Jumlah Warga Gianyar Berstatus ODP COVID-19 Turun Signifikan 

“Sedangkan di Puskesmas Bebandem sebanyak 129 orang yang teregistrasi, kemudian ada 123 orang yang sukses menjalani vaksinasi, dan lagi 6 orang tidak bisa mengikuti vaksin akibat memiliki penyakit penyerta,” kata Kadiskes Karangasem.

Sebagai penutup, Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini tidak henti-hentinya menegaskan bahwa pencapaian target vaksinasi sangat tergantung dengan jumlah vaksin yang dialokasikan Pemerintah Pusat untuk Bali, mengingat ketersediaannya yang terbatas.

“Untuk itu, saya berupaya keras agar Bali mendapat alokasi yang mencukupi untuk mempercepat pembentukan kekebalan komunitas guna mencegah penularan Covid-19. Pencapaian ini sangat penting untuk membangun kepercayaan masyarakat dalam rangka pemulihan perekonomian dan pariwisata di Bali,” pungkasnya. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *