Seorang anak SMP di Karangasem menerima suntikan vaksin COVID-19. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Kesehatan mulai melakukan vaksinasi dengan menyasar anak usia 12-17 tahun. Di hari pertama pelaksanaan vaksinasi, menyasar dua sekolah SMP.

Kadis Kesehatan Karangasem dr I Gusti Bagus Putra Pertama, mengungkapkan, dalam pelaksanaan awal vaksinasi untuk anak ini baru menyasar dua sekolah di wilayah Kota Amlapura, yakni SMPN 2 Amlapura dan SMPN 5 Amlapura. “Peserta vaksinasi jumlahnya terbatas karena masih dalam situasi pandemi COVID-19 ditambah PPKM Darurat. Jadi, jumlah siswa di masing-masing sekolah sebanyak 50 orang. Sehingga dua sekolah jumlah siswa yang divaksin 100 orang siswa,” ucapnya.

Baca juga:  Divaksinasi COVID-19, Begini Kata Bupati Mas Sumatri

Pertama, menambahkan, untuk lebih memudahkan pelaksanaan vaksinasi ini, anak-anak yang akan menjalani vaksinasi datang ke sekolah dengan membawa kartu keluarga. Dan sebelum divaksinasi, calon penerima vaksin akan dilakukan pendataan memasukkan data, kemudian skrining riwayat penyakit, penyuntikan vaksinasi, hingga observasi. “Tahapannya sama dengan vaksinasi dewasa,” Katanya.

Bupati Karangasem, I Gede Dana, mengatakan, ini baru awal pelaksanaan vaksinasi. Sebanyak 47 ribu anak usia 12-17 disasar untuk divaksinasi COVID-19 ini.

Baca juga:  Berlaku di Jawa-Bali, Presiden Sebut PPKM Darurat Sudah Difinalisasi

“Kita juga akan melakukan vaksinasi bagi anak yang tidak sekolah tapi umurnya sudah 12-17 tahun. Kita nantinya akan sasar desa-desa yang ada di Karangasem. Kita ingin semua anak yang usianya sudah menginjak 12-17 tahun divaksinasi,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *