Bupati Gede Dana meninjau vaksinasi massal. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bupati Karangasem, I Gede Dana menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Bali, I Wayan Koster atas pemberian tambahan vaksin AstraZeneca. Sehingga pelaksanan vaksinasi melampaui target sasaran yang ditentukan.

Menurut Bupati, alokasi 40 ribu dosis vaksin AstraZeneca sejatinya sudah habis saat pelaksanaan vaksinasi massal berbasis banjar di Kecamatan Abang, Minggu (16/5). Karena masyarakat yang tersasar vaksin sudah mencapai 40.450 orang tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Karangasem, Selat, Bebandem dan Abang.

“Saat kami laporkan bahwa alokasi vaksin yang diberikan sudah habis, Pak Gubernur langsung merespons dengan memberikan tambahan vaksin sebanyak 8.170 dosis. Kami sangat berterima kasih, bantuan ini sebagai upaya kami dalam mempercepat status Karangasem menjadi zona hijau COVID-19,” ucap Gede Dana.

Baca juga:  Di Karangasem, Vaksinasi Anak Usia 6-11 Sudah Capai 8 Ribuan

Terhadap tambahan bantuan vaksin dari Pemprov Bali itu, Bupati Gede Dana sudah memerintahkan Kadis Kesehatan Karangasem, dr I Gusti Bagus Putra Pertama MM, langsung mengambilnya ke Denpasar. “Saya sudah perintahkan Pak Kadis Kesehatan untuk mengambilnya, karena Senin besok (hari ini Red), pelaksanaan vaksin massal berbasis banjar masih berlanjut di Kecamatan Abang,” jelas Gede Dana.

Di pihak lain, Pertama mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal berbasis banjar yang dilaksanakan sejak tiga pekan terakhir sudah melampui target. Kendati demikian pelaksanaan vaksinasi masih terus dilanjutkan.

Baca juga:  60 Tenaga Kesehatan Jalani Tes Swab Kedua

Ini dilakukan agar semua mayarakat Karangasem sudah benar-benar divaksin COVID-19. Dikatakan dari target sasaran yang ditentukan, Karangasem, kata Bagus Putra Pertama sudah bisa menuntaskan lebih awal dari jadwal yang ditentukan. “Sekarang masih tersisa 1.550 dosis, tapi Pak Gubernur sudah memberikan tambahan vaksin 8. 170 lagi untuk pelaksanaan vaksinasi berikutnya,” terangnya.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi massal di enam desa di Kecamatan Abang, yakni Desa Datah, Bunutan, Labasari, Desa Culik, Purwakerti dan Desa Kertamandala, berhasil menyasar 8.577 orang yang divaksinasi. Capaian ini jauh melampaui target harian yang ditentukan sebanyak 4.000 orang.

Baca juga:  Bali dan 4 Provinsi Ini Alami Peningkatan Kasus COVID-19

Capaian ini sekaligus melengkapi target sasaran pelaksanaan vaksinasi AstraZeneca dalam tiga pekan. “Saat ini warga yang sudah divaksin sebanyak 40.450 orang,” pungkasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *