Bilik layanan screening GeNose di Pelabuhan Gilimanuk sudah beroperasi. (BP/olo)

NEGARA, BALIPOST.com – Alat screening COVID-19, GeNose sudah mulai dioperasikan di Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Ketapang. Sesuai Surat Edaran Gubernur Bali, GeNose bisa digunakan selain rapid test antigen dan PCR.

GeNose diletakkan di pintu masuk penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Gilimanuk. Selama Kamis (29/4) hingga Jumat (30/4) siang, sudah 54 orang menggunakan alat screening tersebut.

Hasil dari lab puluhan pelaku perjalanan itu negatif. Biaya per orang yang melakukan screening geNose dipatok Rp 40 ribu dari BUMN Kimia Farma penyedia lab GeNose.

Baca juga:  Doni Monardo Umumkan Terkonfirmasi Covid-19

Disediakan tiga bilik loket untuk pelayanan ini.
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilayah Kerja Gilimanuk mengungkapkan, GeNose bisa digunakan untuk bukti screening COVID-19 pelaku perjalanan melalui Pelabuhan. Selain itu, PCR dan Rapid Test Antigen juga masih berlaku.

Kepala Dinas Kesehatan Jembrana, I Gusti Bagus Oka Parwata dikonfirmasi membenarkan sudah beroperasinya GeNose di Gilimanuk, khusus untuk pelaku perjalanan yang masuk ke Bali.

Sesuai protap COVID-19, jika ada pelaku perjalanan yang positif, khusus warga Jembrana maka akan ditindaklanjuti dengan swab PCR dari Satuan Tugas (satgas) COVID-19 Jembrana. Sedangkan yang datang dari kabupaten lain di Bali, akan dikoordinasikan dengan Satgas kabupaten masing-masing.

Baca juga:  Terseret Arus, KMP Jalur Nusa Kandas

Untuk dari luar Bali, akan dikembalikan ke daerah asalnya. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *