I Dewa Ketut Alit Mahardika. (BP/ina)

BANGLI, BALIPOST.com – Relawan peduli lingkungan yang tergabung dalam The Tranformers Bangli akan menggelar aksi peduli lingkungan di Lapangan Tembuku, Kamis (22/4). Aksi ini diadakan memperingati hari bumi.

Sekretaris The Transformers I Dewa Ketut Alit Mahardika mengatakan bumi telah memberikan banyak hal. Bumi merupakan tempat tinggal yang paling nyaman karena belum ditemukannya planet yang lain yang layak untuk dihuni.

Sumber makanan semua bersumber dari bumi. Oksigen yang dihirup manusia disediakan oleh tanaman yang hidup di bumi. “Karena begitu pentingnya bumi, perlu kita peringati untuk mengingatkan kita untuk selalu menjaga dan menyayangi bumi,” kata pria yang akrab disapa David Dkam itu.

Baca juga:  Penggunaan Masih Marak, Pupuk Kimia Ancam Lahan Pertanian

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini bumi telah mengalami banyak kerusakan, menipisnya lapisan ozon yang disebabkan oleh tingginya tingkat emisi dan polusi. Perubahan iklim yang ekstrim, pemanasan Global, mencairnya gunung es di kutub adalah ancaman yang sewaktu waktu menyebabkan bencana di bumi.

“Di Indonesia setiap musim hujan terjadi banjir dan tanah longsor yang memakan korban jiwa dan merusak tempat tinggal warga dan fasilitas umum lainnya. Di Bali khususnya setiap musim hujan sampah-sampah hanyut ke laut dan di pantai selatan pulau Bali banyak dipenuhi dengan sampah plastik, sampah-sampah ini juga datang dari pulau-pulau lainnya di Indonesia,” jelasnya.

Baca juga:  Diskes Bangli Kekurangan Nakes, Pustu di Katung 3 Tahun Kosong

Indonesia juga dikatakannya masih menjadi penyumbang sampah plastik nomor 2 di dunia setelah China. Untuk itulah hari bumi ini perlu dirayakan untuk mengingatkan manusia untuk selalu menjaga bumi dengan cara pengelolaan sampah yang benar.

“Pada Hari Bumi, kami relawan The Transformers yang berkolaborasi dengan Yayasan Relawan Bali ingin juga berbagi dengan siswa dan lansia serta masyarakat peduli lingkungan dari keluarga kurang mampu. Tujuan pemberian donasi ini adalah untuk memotivasi mereka untuk terus konsisten menjaga bumi ini dari sampah plasti,” ujarnya.

Selain berbagi donasi, The Transformers juga akan membagikan piagam penghargaan bagi mereka yang telah konsisten memilah sampah dan ikut bank sampah. “Kami bersama Babin Kamtibnas dan Babinsa akan  memasang spanduk ucapan terimakasih untuk menjaga tempat tetap bersih bebas dari sampah plastik di sejumlah titik yang dijadikan TPA ilegal di Kecamatan Tembuku. Dan bersama Babin  kamtibmas akan terus memantau masyarakat yang masih membuang dan membakar sampah sembarangan,” kata Dkam.

Baca juga:  Jaga IKLH dengan Pohon

Dalam peringatan hari bumi The Transformers akan melaksanakan aksi pungut sampah plastik dan penanaman pohon buah Silikaya di Pinggiran Lapangan Tembuku. Tujuannya untuk menambah hijau lapangan, penghasil oksigen, penyedia buah untuk masyarakat dan satwa liar. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.