Pengunjung yang datang ke Pesona Mundung Ngandang sebelum pandemi covid-19. Kini kujungan sangat sepi. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kunjungan ke Objek Wisata Taman Edelweis, Banjar Temukus dan Objek Wisata Mundung Ngandang yang ada Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem mengalami penurunan. Selain akibat pandemi, penurunan dipengaruhi cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini.

Menurut Pengelola Taman Edelwis, I Wayan Sudiana, jumlah kunjungan turun drastis sejak awal tahun 2021. Hal itu dipicu akibat masih melandanya pandemi Covid-19 termasuk akibat cuaca ekstrem hujan deras disertai angin kencang yang terjadi belakangan ini.

Baca juga:  Di Bangli, Rekapitulasi Perolehan Suara Tingkat Desa Rampung

“Penurunan mulai awal 2021. Saat ini kunjungan kisaran 50 orang. Sebelumnya, kunjungan wisatawan perharinya bisa mencapai angka sekitar 100 sampai 150 perhari. Bahkan saat weekend kunjungan bisa mencapai 200 orang,” ucapnya.

Sudiana menambahkan, pihaknya berharap pandemi segera berlalu. Begitu juga cuaca segera bersahabat, sehingga kunjungaan bisa kembali normal. Bahkan, untuk meningkatkan kunjungan pengelola telah melakukan penataan dengan menambah kapasitas untuk swafoto. Sehingga perlu ada spot foto baru untuk wisatawan.

Baca juga:  Pelaku Pariwisata Diminta Hormati Nyepi 1941

Hal senada juga dilontarkan oleh pengelola, Objek Wisata Pesona Munduk Ngandang I Nyoman Ada. Dia menjelaskan, semenjak pandemi covid-19 tingkat kunjungan sangat anjlok sekali. “Kunjungan sangat sepi. Sehari kadang ada tamu, kadang tidak. Itupun pengunjung merupakan warga. Kalau sebelum pandemi, setiap harinya pasti ada saja pengunjung yang datang,” katanya. (Eka Prananda/Balipost).

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *