GIANYAR, BALIPOST. com –  Pura Alas Rengked yang berlokasi di Pesisir Pantai Saba, Kecamatan Blahbatuh, disapu ombak dan teracam abrasi. Jro Mangku Ketut Rengked (Pemangku Pura Alas Rengked) ketika ditemui Selasa (19/1) menyampaikan tembok penyengker pura di Sisi Timur sudah tampak menggantung, karena pasir bagian pondasi sudah tergerus.

Jro Mangku Rengked, menuturkan Pura Rangked ini erat kaitannya dengan kisah keberadaan Desa Saba. Sebelum disebut Saba, wilayah ini dulu namanya alas Rengked. Diantara alas Rengked inilah dibangun Pura Rengked pada lokasi yang dianggap suci dan sakral.

Baca juga:  Empat Pelinggih Pura Taman Hancur Tertimpa Longsor

Jro Mangku Rengked melihat abrasi semakin mengganas. Selain mengancam pura, abrasi juga memaksa Jro Mangku memindahkan warung satenya ke lokasi lebih aman.

Pura Alas Rengked diempon hanya oleh 1 KK saja yakni Jro Mangku Rengked. “Ngempon pura saya sendiri, piodalan setiap Budha Kliwon Pahang,” jelasnya.

Menurut Jro Mangku Rengked, abrasi terjadi hampir sepekan ini sedikit demi sedikit mengikis pasir di daratan. “Kemarin malam paling tinggi ombaknya sehingga abrasi semakin parah,” tegasnya.

Baca juga:  18.818 Peserta JKN-KIS Semarakkan Senam Sehat Kolosal

Pemerintah diharapkan membangun tanggul pemecah ombak di Kawasan Pantai Saba khususnya yang tergerus abrasi. ” Seperti  penataan Pantai Purnama sudah bagus, pemerintah mesti memperhatikan Pantai Saba  ,” tambahnya. (Wirnaya/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *