Deva saat pulang dari RSUD Klungkung. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Balita asal Nusa Penida, Klungkung, dengan kondisi demam tinggi yang sempat viral ditolak kedatangannya di Pelabuhan Padangbai, akhirnya sembuh. Pasien rujukan dari RS Gema Santi Nusa Penida ini pun sudah diperbolehkan pulang, setelah menjalani perawatan serius di Ruang Durian Gedung Lantai III RSUD Klungkung, Kamis (23/4).

Sebelumnya, dia sempat jadi PDP COVID – 19, karena demam tinggi disertai batuk-batuk saat baru masuk rumah sakit. Namun, hasil swab menunjukkan negatif COVID – 19.

Keluar dari rumah sakit, balita yang bernama Deva, nampak mengenakan masker, digendong orangtuanya. Dia menyampaikan terima kasih kepada pihak rumah sakit yang sudah maksimal menangani anaknya. Sehingga Deva bisa keluar dari sakit radang paru-paru yang memaksanya melewati perjalanan panjang untuk sembuh. Ini kembali menegaskan bahwa Deva tak ada kaitannya dengan COVID – 19, seperti tuduhan beberapa oknum warga.

Baca juga:  Sejumlah Boat Tujuan Nusa Penida Kelebihan Kapasitas, Polisi Turunkan Penumpang dan Tegur Pengelola

Ini menjadi kabar baik bagi kedua orangtuanya, warga Nusa Penida maupun Klungkung secara umum. Karena kasus anak ini sempat viral di media sosial, karena fast boat yang mengangkutnya kala itu, sempat tak bisa sandar di Pelabuhan Padangbai, Karangasem. Kasus ini sempat menimbulkan ketegangan antara Klungkung dan Karangasem, hingga harus disikapi masing-masing pimpinan daerah dengan permintaan maaf.

Direktur RSUD Klungkung dr. Nyoman Kesuma, mengatakan Deva termasuk 7 orang PDP yang sudah dipulangkan Kamis (23/4). Mereka selama ini sudah dirawat di RSUD Klungkung dan menjalani swab sebanyak dua kali. Hasilnya pun negatif. Meski sudah diperbolehkan pulang, mereka diminta tetap menjaga kesehatan, jaga kebugaran dan mengikuti seluruh anjuran pemerintah, khususnya Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan dalam pencegahan COVID – 19.

Baca juga:  Tambahan Pasien COVID-19 Nasional Lampaui Kasus Baru, Di Atas 2.000 Orang

Selain memulangkan pasien PDP, satu pasien positif COVID – 19 yang sempat dirawat di Ruang Isolasi RSUD Klungkung juga sudah dipulangkan, Kamis (23/4). Dia merupakan pasien ke empat yang berhasil disembuhkan RSUD Klungkung. Dengan kesembuhan pasien ini, maka RSUD Klungkung tinggal merawat satu pasien positif COVID – 19 lagi.

“Dua kali swab terakhir, hasil negatif. Sehingga dia sudah boleh pulang. Pasien positif COVID – 19 yang sudah dirawat di RSUD  Klungkung total sebanyak 5 orang. Sejauh ini 4 orang sudah sembuh dan dinyatakan boleh pulang,” kata Wadir Pelayanan Medis dan Keperawatan drg. Gusti Ayu Ratna Dwijawati, kepada Humas RSUD Klungkung.

Baca juga:  Satu Warga Nusa Penida Terkonfirmasi COVID-19, Satgas Lakukan Tracing

Dia berharap semakin banyak pasien serupa yang dapat disembuhkan. Ini juga memberi rasa optimis bagi petugas medis dalam melakukan penanganan COVID – 19. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *