kendaraan
Sejumlah kendaraan berjalan pelan di kawasan Jalan Pantai Kuta. (BP/Dok)

DENPASAR, BALIPOST.com – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pantai Kuta akan disesaki pengunjung saat perayaan Tahun Baru 2019. Rekayasa lalu lintas (lalin) akan dilakukan kepolisian, diantaranya pengalihan arus lalin dan membersihkan beberapa badan jalan dari parkir kendaraan. Sterilisasi badan jalan dari parkir akan dilakukan mulai pukul 12.00-16.00 Wita, Senin (31/12).

Seperti disampaikan Direktur Lantas Polda Bali Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana, belum lama ini, pihaknya menyadari akan penumpukan kendaraan di wilayah Kuta. Pasalnya turis baik domestik maupun manca negara yang datang ke Bali menggunakan transportasi darat. “Kalau kita perhatikan berapa (jumlah turis-red) yang datang ke Bali. Baik menggunakan moda transportasi darat maupun udara. Yang awalnya menggunakan moda transportasi udara, setibanya di Bali menggunakan transportasi darat lagi,” ujarnya.

Baca juga:  Bupati Suwirta Soroti Disperinaker yang Nihil Usulan Program

Artinya kapasitas jalan tidak sesuai dengan volume kendaraan. Seperti tahun baru dari sebelumnya, tujuannya sama yaitu  ke Pantai Kuta.

Oleh karena itu, akan ada beberapa ruas jalan yang dialihkan, terutama menuju Pantai Kuta dan Monumen  Ground Zero. “Nanti kita akan lakukan pembersihan badan jalan dari kendaraan parkir dari pukul 12.00 sampai 16.00 Wita. Jadi badan jalan clear dari parkir kendaraan. Mudahan-mudahan masyarakat bisa memahami,” ucap mantan Kapolresta Denpasar ini.

Baca juga:  Aliran Dana Kasus Ketua Kadin Bali Didalami Ditreskrimsus

Begitu banyaknya orang-orang menuju Kuta, tentu saja pihaknya lebih mengoptimalkan personel di lapangan. Kantong-kantong parkir akan dipersiapkan.

Sedangkan informasi diperoleh di Polresta Denpasar, kantong parkir yang dipersiapkan yaitu Central Parkir di Jalan Raya Kuta,  Pasar Seni di Jalan Melasti, Lapangan Tri Sakti  dan areal parkir hotel, restoran, serta mall.

Sementara arus lalin dari Jalan Patih Jelantik menuju Ground Zero di Jalan Legian dialihkan ke Jalan Legian Kaja. Arus lalin dari Jalan Sri Wijaya dialihkan ke arah timur menuju Jalan Patih Jelantik lanjut ke Jalan Raya Kuta.

Baca juga:  Menpar Paparkan Pesatnya Kemajuan Pariwisata di Forum Pariwisata

Sementara arus lalin dari Jalan Dewi Sri dialihkan ke Jalan Raya Kuta dan dilarang memutar di sepanjang Jalan Dewi Sri. Arus lalin di simpang Bemo Corner yang menuju Pantai Kuta dialihkan ke Jalan Raya Kuta.

Arus lalin dari Jalan Kartika Plaza menuju Pantai Kuta dialihkan ke Jalan Ciung Wanara atau Jalan Singosari. Oleh karena itu arus lalin di Jalan Singosari yang semula dari timur ke barat, diubah menjadi dari barat ke timur. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *