DENPASAR, BALIPOST.com – Angin kencang disertai hujan mengakibatkan banyak pohon bertumbangan. Untuk itu sebagai upaya tanggap bencana alam, Polresta Denpasar menyiapkan sejumlah mesin senso (potong kayu) dan perahu karet.

“Untuk mengecek kondisi peralatan penanganan bencana alam, kemarin (Sabtu) digelar saat Apel Kesiapsiagaan Penaggulangan Bencana Alam. Ada sejumlah mesin chainsaw dan perahu karet siap digunakan,” kata Kasubbag Humas
Polresta Denpasar Iptu Andi Muh. Nurul
Yaqin, Minggu (5/1).

Seperti disampaikan Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Ruddi Setiawan saat apel, lanjut Iptu Yaqin, bencana alam dapat terjadi kapan saja dan sangat merugikan. Masalah bencana alam saat ini sudah menjadi topik yang sangat ramai di era modern, karena berbagai macam bencana alam tersebut datang tanpa disadari oleh siapa pun.

Oleh karena itu Polri bersama instansi terkait harus melakukna langkah-langkah proaktif untuk membantu masyarakat yang terkena bencana. Selain itu, sebagai petugas sudah seharusnya siap siaga tanggap bencana dan all out serta bersinergi dengan BNPB, BPBD, TNI, pemerintah daerah dan masyarakat untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut.

Baca juga:  Peduli Lingkungan, The ONE Legian & Hotel Vila Lumbung Gelar Beach Clean Up Day dan Cleaning Blitz

“Bapak Kapolresta Denpasar bersama undangan memeriksa kondisi pasukan dan peralatan penanganan bencana yang dimiliki Polresta Denpasar seperti perahu karet bisa dipakai saat banjir dan mesin potong pohon,” ungkapnya.

Hal serupa juga dilakukan Polres Badung. Menurut Kasubbag Humas Polres Badung Iptu Ketut Gede Oka Bawa, apel siaga penanggulangan bencana dilaksankan di Lapangan Umum Mengwi, Sabtu. “Apel melibatkan instansi terkait tersebut dipimpin Bapak Kapolres Badung AKBP Roby Septiadi,” ujarnya.

Iptu Oka Bawa menyampaikan, dalam amanatnya Kapolres Roby menegaskan kesiapsiagaan personel maupun alat, sarana dan prasarana sangat diperlukan mengingat bencana alam saat ini sudah masuk dalam situasi kontijensi. Diharapkan ke depannya apabila terjadi bencana alam di wilayah Polres Badung agar cepat ditangani dan sigap membantu korban.

“Beliau (kapolres) berharap setelah apel kalau terjadi bencana alam bisa langsung membantu rekan dari BPBD Kabupaten Badung. Kapolres mengajak kita semua semoga bencana alam tidak terjadi di Bali, khususnya Polres Badung,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.