Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto menerima hasil audit dari Tim Wasrik BPK RI. (BP/istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) BPK RI merampungkan tugasnya terhadap laporan Satuan Jajaran Kodam IX/Udayana. Laporan hasil audit tersebut diserahkan kepada Pangdam Mayjen TNI Benny Susianto, Senin (25/2) di Makodam, Denpasar.

Dalam sambutannya, Pangdam Benny Susianto mengatakan, sekitar delapan hari melaksanakan tugas pengawasan dan pemeriksaan di wilayah Kodam IX/Udayana, Tim Wasrik BPK mendapatkan temuan-temuan penting. Mencermati hasil temuan tersebut, Benny Susianto menyampaikan terima kasih dan berkomitmen untuk segera menindaklanjuti temuan tersebut sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. “Kepada para Dansat dan Kabalak jajaran Kodam IX/Udayana yang menjadi objek pemeriksaan agar segera mempelajari serta melakukan perbaikan serta penyempurnaan sesuai petunjuk, arahan dan rekomendasi dari Tim Wasrik BPK RI,” ujarnya.

Dengan demikian pelaksanaan program kerja dan anggaran berjalan secara transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika para Dansat/Kabalak masih mengalami kendala agar dikoordinasikan dengan Tim Wasrik BPK RI.

Ia berharap Tim Wasrik BPK dapat mewadahi dan memberikan arahan serta masukan untuk penyempurnaan pelaksanaan program kerja dan anggaran kedepan. Sehingga Kodam IX/Udayana sebagai salah satu Kotama TNI Angkatan Darat dapat berkontribusi positif dalam upaya mencapai predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Baca juga:  BPK Dorong Keuangan Dana Desa Dikelola Lebih Tepat Sasaran

Pada waktu bersamaan, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Kasuri, mewakili Pangdam menerima laporan hasil wasrik Tim Post Audit Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Darat (Itjenad). Tim Wasrik Itjenad melaksanakan tugasnya sekitar 15 hari di satuan jajaran Kodam IX/Udayana.

Brigjen Kasuri mengatakan, hasil temuan Wasrik tersebut akan ditindaklanjuti dengan cara melakukan perbaikan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Temuan dan koreksi maupun atensi hasil pemeriksaan yang diberikan serta penjelasan tentang berbagai perubahan diperlukan, agar segera ditindaklanjuti oleh para kepala dan komandan di masing-masing satuan. Dengan demikian tidak terulang lagi adanya kesalahan yang sama, sehingga pelaksanaan program kerja yang akan datang dapat berjalan lebih efisien, efektif dan akuntabel.

“Kepada Tim Wasrik Post Audit Itjenad, apabila masih terdapat hal-hal yang perlu dikomunikasikan lebih lanjut dengan obyek pemeriksaan, kami siap membantu dan memfasilitasi secara optimal untuk memperlancar penyelesaian dan perbaikan program yang masih memerlukan perbaikan,” ujar Kasdam. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.