Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi mengunjungi Korem 163/Wira Satya, Jumat (22/3). (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Korem 163/Wira Satya, Jumat (22/3). Dalam Kunker tersebut turut Ketua Persit Kartika Candra Kirana Daerah IX/Udayana, Nyonya Dian Bambang Trisnohadi, Kasdam IX/Udayana berserta jajaran Kodam IX/Udayana.

Kunker Pangdam disambut langsung Danrem 163/ Wira Satya, Brigjen TNI IB Ketut Surya Wedana beserta jajaran Korem 163/Wira Satya, dan lainnya. Di sela-sela Kunker, Pangdam IX/Udayana menyerahkan tali asih pada anak-anak yatim/piatu, yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Dalam Kunker, Pangdam IX/Udayana menyampaikan arahan bahwa kekuatan nyata personel Korem 163/Wira Satya sampai Februari 2024 masih belum dapat dikatakan ideal. Namun kondisi tersebut tidak boleh menjadi kendala yang menghambat dalam pelaksanaan tugas.

Baca juga:  Robek Baju Dinas Tolong Korban Lakalantas, Pangdam Beri "Reward" Babinsa

Untuk itu, diharapkan kekuatan personel yang ada dioptimalkan guna penyelesaian tugas dengan baik. Disampaikan juga bahwa secara geografi, wilayah Korem 163/Wira Satya memiliki ciri khusus sebagai daerah destinasi wisata yang berskala internasional, dengan kearifan lokal adat budaya yang masih sangat kuat.

Hal ini tentu membawa pengaruh terhadap proses manajemen teritorial dalam mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara yang bermuara pada kesejahteraan rakyat dan ketahanan wilayah.

Oleh karena itu, Korem 163/Wira Satya dalam pelaksanaan pemberdayaan wilayah pertahanan di Bali, dituntut mampu mengkomunikasikan dan mensinergikan Rencana Rinci Wilayah Pertahanan (RRWP) dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) kemudian secara berjenjang terintegrasi dengan Rencana Kontijensi (Renkon) dan Proglatsi dalam pembinaan satuan. Hal ini sejalan dengan upaya sistem pertahanan negara yang harus dilakukan secara dini, terencana, terarah, terpadu dan berkelanjutan.

Baca juga:  Pengeboman Gereja di Surabaya Terkait Aksi di Mako Brimob

“Saya berharap kepada seluruh prajurit Korem 163/Wira Satya untuk tetap menjalin kerjasama yang erat dengan segenap komponen masyarakat dalam setiap pelaksaan tugas. Hal ini saya sampaikan mengingat Bali dapat dikatakan sebagai salah satu barometer Indonesia secara keseluruhan,” kata Pangdam IX/Udayana.

Selain itu, Pangdam IX/Udayana memerintahkan Danrem dan para perwira untuk senantiasa peka terhadap setiap permasalahan dan kesejahteraan prajurit. Sebab, hal ini akan berdampak pada moril dan disiplin kerja.

Baca juga:  Pemprov Bali Klaim Sudah Kirim SE Sosialisasi Pergub Arak

Melaksanakan pembinaan satuan secara maksimal, mengupayakan pemenuhan kekurangan komponen pembinaan satuan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan organisasi, guna mewujudkan satuan yang siap operasional.

Pada kunjungan tersebut, Pangdam IX/Udayana juga menyampaikan rasa bangga dapat bertemu langsung dengan seluruh anggota Korem 163/Wira Satya, sekaligus menyampaikan rasa terima kasih karena telah melaksanakan tugas dengan baik, dan prestasi-prestasi yang diraih pada tingkat Angkatan Darat beberapa waktu yang lalu. Seperti, telah berhasil mendukung pengamanan kegiatan berskala Internasional, KTT AIS, pengamanan VVIP Kunker Presiden RI, dan kegiatan lainnya. (Eka Adhiyasa/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *