Wisatawan berada di jaba Pura Penataran Lempuyang. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) guna melihat daya tarik Bukit Lempuyang di jaba Pura Penataran Lempuyang, Kecamatan Abang, Karangasem belakangan ini terus menglami peningkatan. Salah seorang pengelola desa wisata I Wayan Gede Intaran, mengatakan, Wisman ke desanya untuk melihat pesona Bukit Lempuyang memang sedang tinggi.

Dikatakannya, Wisman yang datang selain dari Asia, seperti India, Cina, Jepang, Korea atau Taiwan, juga dari Eropa. “Mereka banyak datang ke sana, karena senang bisa melihat puncak Gunung Agung. Dari jaba Pura Penataran Lempuyang gunung sangat dekat,” ujarnya.

Intaran menambahkan, selain pesona Gunung Agung yang menjulang tinggi, di lembah sekelilingnya juga indah. Ada lembah menghijau berupa persawahan menghampar. Apalagi kalau padi di sawah tengah menguning, bagai hamparan permadani kuning. “Hanya, wisatawan menyayangkan adanya hamparan lembah hijau yang bopeng sebagai akibat pengerukan galian C di kiri kaki dan lereng Gunung, yakni di wilayah Desa Buana Giri seperti di Banjar Kepaon, Butus, Linggasana dan sekitarnya,” katanya.

Baca juga:  Sedang Tenang, Aktivitas Gunung Agung Alami Deselerasi

Kepala Dinas Pariwisata Karangasem I Wayan Astika mengatakan, pada saat musim ramai kunjungan, jumlah wisatawan sehari mencapai 1.000 sampai 1.500 orang. “Biro perjalanan wisata biasanya menjual paket kunjungan Tirtagangga, Pesona Bukit Lempuyang dan ke Taman Soekasada Ujung,” jelas Astika. (Eka Parananda/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.