MANGUPURA, BALIPOST.com – Masalah sampah merupakan isu kritis yang banyak dihadapi oleh negara-negara di seluruh dunia. Indonesia masih menjadi buah bibir sejak dinobatkan sebagai negara penyumbang sampah plastik kedua di dunia ke lautan setelah China.

Dalam rangka menyambut “World Clean Up Day” yang jatuh pada 15 September 2018, Jimbaran Bay Beach (JBB) Resort & Spa ditunjuk menjadi koordinator wilayah jimbaran untuk mengkoordinir para pelaku pariwisata yang akan ikut berpatisipasi dalam acara ini dengan tajuk “Suksma Bali”. World Clean Up Day secara serentak akan dilaksanakan di 150 negara kurang lebih melibatkan sekitar 10 persen atau lebih dari 350 juta penduduk terlibat dalam aksi ini.

Ini menjadi aksi bersih-bersih pertama terbesar di dunia, begitupun dengan Indonesia, kegiatan ini menjadi gotong royong terbesar. Diharapkan dengan adanya ini menjadi momentum meningkatkan kesadaran manusia akan isu sampah.

Khususnya untuk Bali, kegiatan bertajuk “Suksma Bali” secara serentak digelar dengan melibatkan para pelaku pariwisata dan komponen masyarakat. Tema ini diambil sebagai ungkapan terimakasih marsyarakat Bali dan para pelaku pariwisata Bali terhadap Pulau Dewata dan sebagai tindakan menyelamatkan Bali dari sampah.

Rencananya kegiatan akan dihadiri langsung Bendesa Adat Kedonganan, Dr. I Wayan Mertha, SE., M.Si. Ia menyambut baik upaya ini dan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholders di kawasan Pantai Kedonganan. “Sudah sewajarnya kita seluruh komponen masyarakat berterima kasih kepada Bali yang telah memberikan kesejahteraan kepada warganya, caranya ya kita bebaskan Bali dari sampah, terutama plastik,” sebutnya.

Baca juga:  3 Bangunan Villa dan Rumah Warga di Jimbaran Hangus Terbakar

Khusus untuk Kedonganan, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Management Jimbaran Bay Beach Resort & Spa yang telah menginisiasi gerakan kebersihan ini. “Mari ke depan kita tetap bergandengan tangan, pengusaha, pemerintah, dan masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan Pantai Kedonganan. Sehingga Kedonganan terwujud menjadi destinasi pariwisata berkelas dunia,” tegasnya.

Hal senada disampaikan GM JBB Resort & Spa, Christian Gumala. Ia mengatakan kegiatan membersihkan Pantai Kedonganan dari sampah ini merupakan kegiatan rutin yang telah dilaksanakan oleh Jimbaran Bay Beach Resort & Spa setiap dua kali sebulan. Diharapkan adanya program ini dapat membantu mengurangi sampah-sampah yang berserakan dan mengembalikan wajah Bali yang asri dan bebas dari sampah.

Kegiatan rutin ini melibatkan seluruh staf dan manajemen Jimbaran Bay Beach Resort & Spa yang ikut terjun langsung dalam acara ini. Bersama-sama membersihkan sampah di sepanjang Pantai Kedonganan, agar tetap terjaga dan terciptanya kebersihan serta kenyamanan lingkungan bagi wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke Bali. Hal ini akan memberikan dampak positif, nilai investasi jangka panjang dan tentunya untuk membangun citra Bali sebagai tujuan utama wisatawan di mata dunia. (Diah Dewi/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.