pahlawan
Tabur bunga dalam rangka hari pahlawan. (BP/ist)
GIANYAR, BALIPOST.com – Peringatan hari pahlawan di Kabupaten Gianyar diawali upacara bendera di Lapangan Astina Gianyar dan dilanjutkan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kerta Kertya Mandala, Senin (13/11). Apel diikuti seluruh instansi yang ada di Kabupaten Gianyar serta Danramil 1616 dan Kepolisian Resort Gianyar.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Gianyar Made “Agus” Mahayastra. Tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” yang digagas oleh Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawangsa. Melalui tema ini pemerintah mengajak segenap masyarakat untuk mengheningkan cipta selama 60 detik sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuangan bangsa ini.

Menteri Sosial dalam sambutan yang dibacakan Wabup Agus Mahayastra juga menekankan apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Semangat kebangsaan yang juga kita kenang di Hari Pahlawan adalah nasionalisme yang dilandasi oleh kemanusiaan universal bukan nasionalisme yang sempit.

Baca juga:  Masih Kekurangan Guru, Gianyar akan Angkat GTT di 2018

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar I Made Wata pada kesempatan tersebut membacakan pesan-pesan perjuangan atau kata-kata mutiara dari pahlawan nasional Silas Papare, yang salah satunya berbunyi “Jangan sanjung aku, tetapi teruskan perjuanganku”.

Ditambahkan, kata-kata tersebut disampaikan Silas Papare saat perjuangan Irian Barat atau  Papua agar terlepas dari belenggu kolonial Belanda dan kembali bergabung dengan NKRI.

Setelah apel selesai langsung dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan tabur bunga di TMP yang dihadiri oleh Wabup Gianyar Made Mahayastra, Ketua DPRD Kabupaten Gianyar I Wayan Tagel Winarta, dan Wakil DPRD Gianyar I Made Togog dan didampingi oleh Kepala Dandim  1616 Gianyar  Letkol Kav. Asep Noer Rokhmat. (adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.