Upacara serah terima Kirab Pataka I Gusti Ngurah Rai, dilaksanakan di Lapangan Pusat Pemerintah Kabupaten Badung, Sabtu (18/11) lalu. (BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pataka/Panji-panji dan Surat Sakti perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai yang dikirab dari Kota Denpasar tiba di Kabupaten Badung. Upacara serah terima dilaksanakan di Lapangan Pusat Pemerintah Kabupaten Badung, Sabtu (18/11) lalu.

Upacara dipimpin oleh Sekda Badung yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ida Bagus Gede Arjana. Turut hadir anggota DPRD Kabupaten Badung, para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung. Upacara serah terima melibatkan anggota Patriot Panca Marga, Pemuda Panca Marga (PPM) Bali, Organisasi Kepemudaan, pemuda dan siswa di Kabupaten Badung.

Baca juga:  Teco Mulai Jadi Pelatih Usia 26 Tahun

Kepala Dinas Sosial Badung, I Ketut Sudarsana menyampaikan dalam upacara penyerahan pataka/panji-panji dan pembacaan surat sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai ini dapat mengimplementasi generasi saat ini untuk terus mengenang jasa para pahlawan dan semangat juang di masa lalu dapat diteruskan sampai saat ini dan seterusnya. “Implementasinya kita harapkan, nilai-nilai perjuangan dan semangat perjuangan pahlawan kita terimplementasi di generasi sekarang,” ucapnya.

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Hadiri Puncak Pujawali di Pura Penataran Agung Catur Parahyangan Ratu Pasek

Napak tilas Pahlawan Nasional kali ini mengambil tema “77 Tahun Perang Gerilya Revolusi Kemerdekaan Republik Indonesia (20 November 1946) Kita Tingkatkan Jiwa Nasionalisme Dan Kebangsaan melalui Napak Tilas”. Melalui tema ini, Sudarsana berharap kepada generasi muda dan kita bersama meneladani nilai-nilai perjuangan. Semangat perjuangan itu agar dapat dilaksanakan dan diwarisi kepada generasi-generasi selanjutnya supaya nilai-nilai itu dapat dilestarikan. “Semangat perjuangan yang dilaksanakan oleh pejuang kita hendaknya bisa ditularkan pada generasi muda kita sekarang,” tambahnya.

Baca juga:  2019, Kasus DBD di Badung Melejit

Kegiatan ini dimulai dengan upacara Serah Terima Pataka/Panji-panji dan Pembacaan Surat Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai kemudian melakukan Tabur Bunga di Monumen Blumbungan Desa Sibang Kaja Kec. Abiansemal dan Apel di Monumen I Gusti Ngurah Rai Desa Carangsari. (Adv/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *