Peta zonasi KRB Gunung Agung yang dikeluarkan BPNP. (BP/har)
BANGLI, BALIPOST.com – Pos Komando Penanganan Darurat Bencana Gunung Agung di Kabupaten Bangli hingga saat ini masih terus melakukan pendataan ulang terhadap para pengungsi Gunung Agung di Bangli. Hasil pendataan sementara, jumlah pengungsi yang berasal dari luar 27 desa terdampak bencana Gunung Agung tercatat sebanyak 6.976 jiwa. Dari jumlah itu, baru seratusan warga sudah pulang ke rumah mereka masing-masing.

Berdasarkan rekap data terakhir pengungsi Gunung Agung di Bangli per Minggu (1/10) pukul 15.30 wita, yang disampaikan Kepala Bagian Informasi, Data dan Humas Pos Komando Penanganan Darurat Bencana Gunung Agung di Bangli Ni Wayan Manik, total jumlah pengungsi Gunung Agung di Kabupaten Bangli sebanyak 11.921 orang. Belasan ribu pengungsi tersebut tersebar di puluhan titik di empat kecamatan.

Rinciannya sebanyak 4.945 jiwa berasal dari 27 desa rawan yang harus mengungsi. Sementara 6.976 jiwa diantaranya terdata berasal dari desa aman. Dalam rekap data terakhir tersebut diungkapkan juga bahwa 117 jiwa pengungsi Gunung Agung yang selama ini mengungsi di Desa Jehem sudah pulang ke rumah mereka masing-masing.

Baca juga:  PLN Turut Peduli Pengungsi Bencana Alam Gunung Agung

Sementara itu Sekretaris Pos Komando Penanganan Darurat Bencana Gunung Agung di Bangli yang juga Kalak BPBD Bangli Wayan Karmawan saat dikonfirmasi terpisah membenarkan adanya sejumlah pengungsi yang telah pulang ke rumahnya. Pengungsi yang dimaksud adalah yang berasal dari luar 27 desa (kini 28 desa) terdampak bencana Gunung Agung. “Pengungsi yang sudah pulang ada yang pulang secara mandiri, dan ada juga yang kita fasilitasi dengan kendaraan yang sudah kita siapkan,” terangnya. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.