Pada purnama yang jatuh Kamis (5/10), Pura Ulun Danu Batur akan menggelar Pujawali. (BP/ina)
BANGLI, BALIPOST.com – Karya Pujawali Purnamaning Sasih Kapat di Pura Ulun Danu Batur Desa Pakraman Batur Kintamani akan dilangsungkan pada rahinan Purnama Kapat Kamis (5/10) mendatang. Sesuai dudonan, Karya Pujawali di Pura Ulun Danu Batur Desa Pakraman Batur akan dilaksanakan selama empat hari hingga Minggu (8/10).

Manggalaning Karya Jero Gede Batur didampingi Pelancang lan Prajuru Adat Ketut Wijaya, Senin (2/10) mengatakan, jelang dilaksanakannya karya pujawali Purnamaning Sasih Kapat di Pura Ulun Danu Batur Desa Pakraman Batur Kintamani krama Desa Adat Batur sejak beberapa hari terakhir sudah mulai melakukan sejumlah persiapan. Krama sudah mulai ngaturang ayah yakni dengan makarya bhakti, nampah wewalungan seperti bawi, kambing, ayam dan bebek dan lainnya.

Dijelaskan Jero Gede Batur, sesuai dudonan, Karya Pujawali Purnamaning Sasih Kapat di Pura Ulun Danu Batur Desa Pakraman Batur Kintamani akan dilaksanakan pada Kamis (5/10). Pada Pukul 10.00 wita, akan dilaksanakan prosesi Ida Bhatara Katuran Bhakti Pasucian. Dilanjutkan kemudian dengan prosesi Ida Bhatara Kodal pada pukul 13.00 wita dan Puncak Karya pada pukul 14.00 wita.

Baca juga:  Karya Ngusaba Pura Ulun Danu Batur, Ini Pengalihan Arus Lalinnya

Selanjutnya pada pukul 16.00 wita, prosesi dilanjutkan dengan muspayang bhakti pujawali sesuhunan Ida I Ratu Gede Dalem Waturenggong saking Puri Ubud, Sesuhunan Ida I Ratu Gunung Agung saking Pemkab Buleleng dan Sesuhunan Ida I Ratu Gede Makolem. Keesokan harinya pada Jumat (6/10) akan dilaksanakan bhakti panganyar hingga Minggu (8/10).

Jero Gede Batur berharap kepada seluruh umat Hindu dimanapun berada dapat meluangkan waktunya untuk tangkil melakukan persembahyangan selama berlangsungnya Karya Pujawali Purnamaning Sasih Kapat di Pura Ulun Danu Batur Desa Pakraman Batur Kintamani. “Kami harapkan kepada seluruh umat sedharma untuk bersama-sama meluangkan waktu untuk tangkil ngaturang pangubahkti selama karya pujawali berlangsung. Semoga melalui pujawali ini Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Ida Bhatara-bhatari yang berstana di Pura Ulun Danu Batur memberikan waranugraha, kerahajengan dan kerahayuan jagat,” kata Jero Gede Batur. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.