jabatan
Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose saat menghadiri syukuran Hari Jadi ke-69 Polwan.(BP/rah)
DENPASAR, BALIPOST.com- Polda Bali memiliki Polwan sebanyak 714 orang dan tersebar di seluruh Bali. Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose telah mempersiapkan posisi stratagis yaitu sebagai Kapolres. Bahkan tiga jabatan strategis saat ini sudah diisi Polwan.

Hal itu disampaikan Kapolda Golose usai menghadiri syukuran Hari Jadi ke-69 Polwan di Hotel Aston Gatsu, Denpasar Barat, Selasa (12/9). “Perayaan HUT Polwan saya buat untuk melanjutkan kebijakan Bapak Kapolri yaitu profesional, modern dan terpercaya,” ujarnya.

Sedangkan di Bali, lanjut Kapolda, seperti diketahui banyak sekali potensi-potensi yang ada, terutama terkait kearifan lokal. Sedangkan Polwan di Bali serba bisa dari main musik, menari, menyanyi dan menyelam. Bahkan Polwan Polda Bali meriah juara saat lomba menembak di Jakarta. “Sangat berguna bagi masyarakat. Kebijakan saya juga mengikuti apa yang disebut dengan world class police.  World class police yang percaya itu mengedepankan Polwan,” tegasnya.

Mantan petinggi BNPT ini mengungkapkan, Polwan di Bali jumlahnya sangat sedikit dibandingkan dengan Polki (polisi laki-laki) yaitu 714 orang. Dari jumlah tersebut, ia sudah menyiapkan jabatan strategis. “Kalau di Bali, banyak Polwan yang lulus Sespim untuk pangkat Kombes. Banyak juga yang lulus akademi kepolisian. Saya berharap ditempatkan mereka pada jabatan strategis bisa meminimalisir kejahatan-kejahatan, terutama kejahatan anak dan perempuan yang bisa ditangani para Srikandi ini,” tandasnya.

Baca juga:  Kapolda Bali Datangi Hotel Ayana, Perketat Pintu Masuk dan Keluar Bali

Berkaitan dengan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan Polwan, ada yang dipromosikan sebagai Wakapolres Jembrana yang sebelumnya dari Polres Bangli. Selain itu, pejabat utama di Polda Bali ada 28 orang, termasuk tiga orang Polwan berpangkat Kombes dan dua berpangkat AKBP.

Semakin banyak Polwan di Bali, Golose berharap Polwan menempatkan posisi strategis bisa meminimalisir korupsi dan kejahatan jalanan serta merebut hati masyarakat. “Kalau kita lihat posisi Kasat Lantas Polresta Denpasar diisi Polwan, begitu juga di Polres Bangli dan Polres Tabanan,” ungkapnya.

Dari segi leadership, Polwan tidak kalah dengan Polki. Wakapolres Jembrana leadershipnya bagus dan partisipatif.

Terkait pengamanan konferensi IMF dan World Bank, Kapolda telah menyiapkan Polwan untuk dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Mereka disiapkan menjadi personal protection, liason dan officer.(kerta negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.