DENPASAR, BALIPOST.com – Berbagai pengembangan untuk peningkatan kenyamanan dilakukan pada generasi terbaru Suzuki Baleno. Penerapan teknologi pada sejumlah fitur, baik interior maupun eksterior membuat mobil dengan tipe hatchback ini memiliki kesan elegan, nyaman dan terlengkap di kelasnya. Hal tersebut diungkapkan 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Setiawan Surya pada launching Suzuki Baleno di showroom PT Sejahtera Indobali Trada (SIT), Denpasar, Jumat (18/8).

Baleno ini memiliki tiga kelebihan utama yakni memiliki kesan yangflashy, premiun dan nyaman. Eksteriornya memiliki disain elegan dan bertenaga dengan tema mengalir atau istilah otomotifnyaliquid flow. Pada penerangan jalan dilengkapi proyektor HID yang dapat diatur ketinggian sinarnya, dan daytime running light. Ini akan memudahkan, memperluas dan memperjelas penglihatan pengemudi.

Lampu belakang menggunakan LED termasuk lampu stop dan spoilernya. Di beberapa bagian eksterior menggunakan detail krom bertujuan membangun kesan mewah. Pada kaki-kaki menggunakan velg 16 inci, dibalut ban 195/55 R16. Dikombinasikan dengan bumper bergaya ekspresif sport, membuat mobil yang ditujukan untuk kaum muda ini berkesan sporty.

Bukan hanya eksterionrya, interiornya juga cukup lapang dan lega. Sejumlah fiturnya cukup lengkap dan canggih. Produk terbaru Suzuki ini menerapkan sistem entry keyles dan start/stop enggine. Cluster meter menggunakan layar LCD 4,2 inci dan instrumen panel MID dengan lampu latar biru.

Dilengkapi audio, pengaturan AC, bluetooth. Bahkan pengemudi dapat menerima maupun menutup panggilan telephone tanpa harus menyentuh hand phone (HP) nya. Untuk mengatasi menurunnya power HP saat berada didalam mobil, Suzuki Baleno menempatkan charge HP pada baris pertama dan kedua.

Baca juga:  Bobotnya Turun 50 Kilogram, All New Ertiga Lebih Irit BBM

Pada kesempatan tersebut, sejumlah media masa di Bali diberikan untuk menjajal dan merasakan beberapa keunggulan produk terbaru Suzuki melalui test drive. Rute yang diambil dari SIT Teuku Umar, Denpasar menuju arah Nusa Dua, Jalan Tol, Puspem Badung, Canggu, dan kembali ke SIT Teuku Umar.

Suzuki Baleno menggunakan mesin berkapsitas 1.373 cc dengan 16 valve, DOHC, VVT, MPI. Mesin ini mampu menghadirkan tenaga 92,4 Ps pada 6000 Rpm dan torsi 130 Nm pada 4.200 Rpm. Untuk memudahkan melepaskan panas dan meningkatkan efisiensi, mesin menggunakan bahan aluminium pilihan. Dengan begitu konsumsi bahan bakar pun dapat ditekan.

Data uji termodinamika pusat teknologi motor dan propulsi BT2MP Januari 2017 menyatakan, konsumsi bahan bakar untuk transmisi manual 22,17 kilometer per liter dan transmisi otomatis 20,66 kilometer per liter. Meski tergolong irit, saat dipacu di jalan bebas hambatan, mobil mampu melaju dengan kecepatan 145 kilometer/jam dengan stabil.

Bodi Suzuki Baleno sendiri menerapkan new platform HEARTECT dan Total Effective Control Technology (TECT). Ini memungkinkan secara efektif menyerap dampak tumbukan dan menyebarkan energi tersebut ke seluruh rangka sehingga mengurangi kerusakan pada mobil dan penumpang. Serta membuat bodi mobil lebihringan, kokoh dan lebih aerodinamis.

Kepala wilayah PT SIT Fie An menambahkan bahwa produk yang baru dilaunching ini dijual berkisaran harga Rp 214.500.000 untuk manual transmisi dan Rp 227.000.000 untuk otomatis transmisi. Sedangkan varian warnanya ada 6 yakni solid fire red, premium urban blue, arctic white, silver premium, dan met granite grey. (Eka Adhiyasa/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.