Sejahtera Indobali Trada (SIT) menggelar Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMK. Lima besarnya memperoleh donasi yang diserahkan secara simbolis pada Selasa (24/10). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan di Bali, Sejahtera Indobali Trada (SIT) menggelar Lomba Keterampilan Siswa (LKS) SMK. Kegiatan ini dikatakan Kepala Wilayah SIT Bali, Mas Hendrawan didampingi Service Representative Manager, I Gede Juni Astawa, ST., Selasa (24/10) merupakan perwujudan program Suzuki Peduli Pendidikan.

Biasanya, lanjut Mas Hendrawan, program ini dijalankan dengan penyaluran donasi berupa mobil maupun mesin untuk SMK. Namun tahun ini, kegiatannya dikemas dalam bentuk LKS. “Kami dari PT Sejahtera Indobali Trada kembali menyalurkan donasi ke sekolah-sekolah SMK Jurusan Otomotif Teknik Kendaraan Ringan. Tetapi konsep donasi kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sekarang kami mengadakan Lomba Keterampilan Siswa SMK dan nantinya mereka yang menduduki posisi 5 besar akan mendapat donasi,” paparnya.

Baca juga:  Pertemuan Tahunan IMF-WB Harus Lahirkan Konsensus Baru

Dikatakan, pelaksanaan program ini dilakukan serentak di sejumlah kota se-Indonesia. Disampaikannya, kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan para siswa sekaligus memberikan motivasi bagi mereka untuk berbuat yang terbaik. “Sekaligus untuk melakukan seleksi agar bisa mengetahui sejauh mana potensi siswa SMK Jurusan Otomotif Teknik Kendaraan Ringan untuk ke depannya bisa direkrut sebagai teknisi,” tambah Juni Astawa.

Kegiatan ini juga dianggap efektif untuk memperkenalkan lebih luas lagi produk-produk Suzuki, khususnya di wilayah Bali. Untuk di Bali, jelas Juni yang juga merupakan Ketua Panitia dari kegiatan ini, LKS SMK dilaksanakan oleh Suzuki Local Training Centre Sejahtera Indobali Trada Denpasar. Sebanyak 11 sekolah dari seluruh Bali berpartisipasi.

Baca juga:  Jumlah Warga Bali Meninggal Tertular COVID-19 Masih Bertambah, Kasus Baru Masih 2 Digit

Kegiatan lomba melibatkan guru dan siswa dari masing-masing sekolah. Setelah melalui tahapan lomba, sebanyak 5 sekolah berhak memperoleh donasi dari Suzuki.

Kelima sekolah ini secara berurutan dari juara 1 hingga harapan II adalah SMKN Bali Mandara (Siswa, I Wayan Murdana dengan Guru Pembimbing, Si Komang Ngurah Widana Putra, ST), SMKN Rekayasa (Pande Made Sudana dan I Wayan Suana), SMKN 1 Abang (I Ketut Adi Prenata dan Nengah Edy Himawan), SMKN 1 Denpasar (I Putu Fabian Kusuma Winata dan A.A. Ngurah Bagus Carma), dan SMKN  1 Kuta Selatan (I Made Wirasana Merta dan I Nyoman Gede Pranata).

Baca juga:  DED SMPN 14 Denpasar Digarap Akhir Tahun Ini

Sesuai urutan, menurut Juni, mereka akan memperoleh 1 unit mobil Ertiga, 1 unit Engine Shot Training, 1 unit Transmisi AT Training, 1 unit Differential Training, dan 1 set Headlamp Training.

“Kami berharap kegiatan ini digelar berkesinambungan tiap tahun. Untuk pemerataan, bagi yang telah meraih juara 1, tidak diizinkan untuk ikut LKS selama 3 tahun berturut-turut,” jelasnya. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN