koperasi
Bupati Klungkung,I Nyoman Suwirta memotong tumpeng berkaitan peringatan HUT Koperasi ke-70 di Banjar Kayehan, Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan, Kamis (27/7). Acara tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi Bali, I Dewa Nyoman Patra. (BP/ist)

PERINGATAN Hari Koperasi Indonesia ke -70 di Kabupaten Klungkung dilaksanakan di Banjar Kayehan, Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan, Kamis (27/7). Pada acara yang dihadiri ratusan warga ini, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meminta seluruh koperasi, khususnya di Klungkung harus mampu berpartisipasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengimbangi ini, kualitas pengurus harus terus ditingkatkan.

Pada usia yang tergolong tua ini, pembangunan koperasi harus semakin serius dan tulus. Para pembina, pengurus, pengelola dan seluruh anggota koperasi harus ikut berpartisifasi dalam reformasi. Kapasitas masing-masing juga harus diperkuat dan dibudidayakan, sehingga dapat mengikuti persaingan global. “Semua anggota di dalam Koperasi harus selalu melaksanakan tugas-tugas dengan ketulusan yang baik. Harus bisa meningkatkan kesejahtetaan”, ujarnya.

Bupati asal Nusa Ceningan ini mengatakan dalam kehidupan masyarakat, koperasi merupakan wadah perekonomi. Oleh sebab itu, kehadiran pemerintah juga sangat diperlukan. Hal ini pun menjadi komitmen pemkab Klungkung yang diaplikasikan melalui berbagai kebijakan dan program, terutama dalam bidang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Yang jadi kendala saat ini adalah SDM. Pemerintah hadir untuk menyikapi ini. Tidak hanya pelatihan maupun memberikan anggaran. Tetapi juga melalui pembentukan interpreneur yang nantinya bisa memberikan motovasi,” tegasnya.

Baca juga:  Wanita Berperan Wujudkan Masyarakat Sejahtera

Amanat UUD 1945 pasal 33 menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Melalui itu, pembangkitan koperasi memerlukan tindakan kongkrit untuk reformasi total, baik dalam cara pandangan, maupun dalam mengelola. “Di usia yang ke-70 tahun ini, mari kita intropeksi diri dan yang terpenting keseriusan dan ketulusan jaga dengan baik untuk membangun koperasi dengan baik,” harap Bupati Suwirta dihadapan seluruh anggota koperasi dan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia acara Luh Candri Artini menyampaikan peringatan yang mengusung tema “Koperasi Kuat Menjamin Pemerataan ekonomi Mewujudkan Keadilan Sosial” ini sebagai wahana ekspose keberhasilan kinerja gerakan koperasi dalam mewujudkan visi dan misi untuk mensejahterahkan masyarakat serta menumbuhkembangkan semangat berkoperasi.

Selain itu juga sebagai media menyatukan langkah untuk lebih menyukseskan ekonomi kreatif serta meningkatkan semangat berkoperasi dikalangan generasi muda dan kaum perempuan. “Kami berharap melalui peringatan ini, perkembangan koperasi semakin baik,” ungkapnya.

Sebelum memberikan sambutan, Bupati Nyoman Suwirta juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba dan menyerahkan bantuan kepada para lansia. (adv/balipost)

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.